SOROTKEADILAN | Minggu, 18 Oktober 2020

Tim Provinsi Menilai Kampung Sehat di Kabupaten Dompu.

Ketua tim lomba Kampung Sehat di dampingi Kapolres dan Dandim 1614 Dompu saat berada di Kelurahan Doro Tangga.

Sorot Keadilan.Com,- Dompu, Tim Penilai lomba Kampung sehat provinsi NTB menjajaki Dua Desa dan Satu Kelurahan yang mewakili Kabupaten Dompu, pada hari ini Sabtu ( 17/10/2020 )sekitar pukul 08.35 Wita.

Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH SIK melalui Paur Subbag Humas Aiptu Hujaifah menjelaskan. Adapun Desa dan Kelurahan yang mewakili Kabupaten Dompu dalam lomba kampung sehat tingkat provinsi NTB adalah Desa Bara Kecamatan Woja, Desa Kadindi Kecamatan Pekat dan Kelurahan Doro Tangga Kecamatan Dompu. Papar Hujaifah.

Yang turut menghadiri penilaian lomba kampung sehat di Kelurahan Doro Tangga Kecamatan Dompu tersebut yakni Wakil Bupati Dompu Arifuddin SH, Sekda Dompu Drs Muhibuddin MSi,Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH SIK, Dandim 1614 Dompu Letkol Inf.Ali Cahyono SKom, Ketua Tim lomba Kampung sehat Provinsi NTB Joko Junadi dan rombongan.

Selain itu tampak hadir pula Kabag Humas Setda Dompu Muh.Iksan S.sos,Kepala BPBD Kabupaten Dompu Jufri ST,Kepala Puskesmas Kota Dewi Mahligai Putri,Camat Dompu Abdurahman S.sos, Kepala Kelurahan Doro Tangga Ruslan dan PJU Polres Dompu.

Ketua tim pinilai Joko Junaidi mengatakan.secara teknis hari ini kami melakukan verifikasi hasil temuan selama penilaian berlangsung khusus di Kelurahan Doro Tangga.adapun penilaian dalam lomba kambung sehat tingkat provinsi secara umum hanya dua bidang yaitu Bidang Kesehatan dan Keamanan.
Menurutnya lomba kampung sehat ( KS ) Kapolda NTB berpesan bukan hanya mencari juara tapi yang terpenting bisa menumbuhkan kesadaran dan kebiasaan masyarakat untuk mencintai hidup yang sehat dan disiplin mematuhi prokes dalam pandemi covid 19 itu yang paling utama.bebernya.
Tujuan utama di adakan lomba Kampung Sehat adalah untuk membentuk prilaku hidup yang sehat dan bersih guna memutus mata rantai penyebaran covid 19.jelasnya.

Setelah menyampaikan sambutan tersebut ia bersama anggota tim yang di dampingi Kasat Binmas, Kapolsek Dompu dan camat Dompu serta lurah Doro Tangga mengunjungi gudang Bank Sampah milik kelompok masyarakat Kelurahan Doro tangga dan mengecek perlengkapan keamanan di pos kamling sekitar lingkungan kelurahan setempat.

Selanjutnya tim melihat dan mengecek langsung Posko Gerak cepat penanganan covid 19 dan tempat taman baca warga di rt 001 lingkungan doro tangga dan mengunjungi rumah yang di jadikan tempat isolasi pasien covid 19 yang berada di Kelurahan Doro tangga sekitar pukul 11.00 Wita.

Tampak sangat mencari perhatian publik, tim menyambangi rumah warga H.mustamin dan Hj Rosnaini yang memilki usaha rumahan obat kayu songga yang merupakan obat atau jamu tradisional ala Dompu di samping Kodim 1614 Dompu tepatnya di lingkungan Jado Kelurahan setempat.

Kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan lancar hingga berakhir pukul 11.30 Wita.dan tim akan melanjutkan penilaian ke Desa Bara Kecematan Woja setelah brek beberapa jam di tempat tersebut.

Ditempat yang sama Kapolres Dompu menyatakan, penilaian lomba kampung sehat tingkat provinsi NTB di Kabupaten Dompu merupakan program inisiator Kapolda NTB untuk menumbuhkan kebiasaan hidup sehat dan bersih dengan pegang teguh protokoler kesehatan dalam masa pandemi covid 19 dan memproteks penyebaran virus carona yang membahayakan ini.

Menurut Perwira Polisi asal Palembang ini, tidak menutup kemungkinan masih banyak warga di Kabupaten Dompu belum sadar akan hidup dan kehidupan sehat dan disiplin mematuhi standar Prokes sehingga potensi penularan covid 19 di Daerah ini semakin tinggi.ucapnya.

Lebih dari itu ia menyampaikan, kami tetap melakukan koordinasi dengan institusi terkait dan rutin melakukan penggalangan dengan elemen masyarakat baik toga, Toma dan Toda.serta giat melakukan pengamanan terbuka ,tertutup dan memonitoring setiap perkembangan situasi di lapangan guna guna tertata kamtibmas yang kondusif dan nyaman.pungkas Kapolres.

(rdw  ddo)

Popular