SOROTKEADILAN | Minggu, 03 Januari 2021

Kasus Tindak Pidana Umum Tahun 2020, Yang ditangani Polres Dompu menurun.

Kapolres Dompu di dampingi Kasat Narkoba dan Kanit Reskrim memimpin Pres ralis akhir tahun 2020.


Sorotkeadilan.com. Dompu, Dalam kurung waktu satu tahun mulai dari bulan januari sampai dengan 31 Desember tahun 2020,kasus tindakan pidana umum dan kejahatan lain yang di tangani Polres Dompu cenderung menurun, bila di bandingkan dengan tahun sebelumnya ( 2019 ).

Kasus tersebut terungkap ketika Kapolres Dompu AKBP. SYARIF HIDAYAT SIK. SH yang di dampingi Kasat Narkoba Iptu Thamrin S.sos dan Kanit Satreskrim Polres Dompu, dalam Konfrensi Pers akhir tahun kemarin pagi sekitar pukul 09.00 Wita, pada hari kamis ( 31/12/2020 ).

Di awal acara Konfrensi pers orang nomor satu di jajaran Polres Dompu memaparkan, secara umum Kamtibmas di wilayah hukum Polres Dompu dalam tahun 2020 berjalan kondusif dan terkendali.baik pada saat menjelang Pilkada sampai berakhirnya Pelaksanaan Pilkada tahun 2020 kemarin.

Kemudian Syarif menambahkan, sejumlah kasus tindak pidana umum dan kejahatan lain yang di hendel anggota Polres Dompu di masing masing satuan sebanyak 794 kasus. Sementara pada tahun sebelumnya atau tahun 2019 sebanyak 953 kasus. Paparnya.

Lebih jauh Syarif Hidayat menyampaikan,bahwa ratusan kasus yang di laporkan oleh masyarakat ke polres Dompu selama tahun 2020 yang sudah di rampungkan pemberkasanya hingga P21 sebanyak 740 kasus atau 66,68 porsen. Sedangkan pada tahun sebelumnya ( 2019 ), kasus Pidana umum sejumlah 953 dan yang bisa di tangani pemberkasan sampai ke P 21 hanya 740 atau 66,68 Porsen saja.

Nex Kapolres Dompu, bahwa kasus kasus pidana yang belum terselesaikan di tahun sebelumnya merupakan PR kami dan kasus kasus yang tertunda tersebut wajib hukumnya untuk diselesaikan dalam tahun ini juga.tegasnya.

Tertundanya beberapa kasus yang kami tangani tersebut di hadapkan dengan berbagai kendala dan masalah waktu dan kondisil ril di lapangan terutama anggaran yang terbatas. Namun pihak Polres Dompu tetap optimis untuk menuntaskan kasus tersebut sesuai target.harapnya.

Menurut Kapolres,menurun dan meningkatnya kasus tindak pidana umum yang terjadi selama ini di karenakan faktor kondisi sosial, ekonomi dan budaya masyarakat yang berkembang pesat saat ini.selain itu tingkat kesadaran masyarakat yang melanggar hukum sudah meningkat. Di samping peran aktif anggota kepolisian dalam memberikan pencerahan dan pemahaman terhadap masyarakat akan resiko yang timbul akibat melakukan perbuatan yang melanggar hukum. Tandas syarif.

" Polres Dompu tidak hanya melakukan tindakan persuasif atau memproses hukumkan pelaku namun tindakan Persuasif, prefentif dan pembinaan yang di kedepankan.ucapnya.

Masih Kapolres memaparkan, bila kita klompokkan kasus kejahatan yang menonjol dan mersahkan dalam tahun 2020 adalah kejahatan curat sebanyak 54 kasus, curanmor 56 kasus, Perkosaan dan pencabulan 1 kasus, Curas 12 kasus, pembunuhan dan penganiayaan 7 kasus, Narkoba 53 kasus, perjudian 3 kasus, senpi atau handak 4 kasus dan ilegal loging 1 kasus.

Tambah Kapolres, bila di lihat dari deretan kasus pidana yang ditangani Polres Dompu di masing satuan pada tahun 2020 maka lebih sedikit bila di bandingkan dengan tahun 2019. Berdasarkan keterangan pers yang simpaikan Kapolres Dompu, bahwa indeks Crime meresahkan pada tahun 2019 sejumlah 218 kasus atau 31,09 porsen sedangkan di tahun tahun 2020 sebanyak 187 kasus atau 58,82 Porsen.ujar Kapolres.

Menurut syarif,bahwa trend kasus kriminal yang di tangani pihak kepolisian resor Dompu pada tahun 2020 di dominasi kasus tindak pidana ringan antara lain Curanmor, curat dan KDRT serta kasus tindak pidana penyalahgunaan Narkitaka dan atau barang haram lain. Karena Kasus Narkoba ini kata Kapolres Bukan saja di kabupaten Dompu yang menonjol namun di semua Daerah di seluruh indensia cukup meningkat. Mengingat kejahatan narkoba ini tata kerjanya terorganisir, masif dan sistimatis sehingga kita sulit untuk memberantas secara tuntas.terangnya.

" Narkoba musuh kita bersama dan semua pihak harus ikut terlibat dalam menumpas peredaran Narkoba di Daerah ini,dan bukan hanya tugas polisi saja.pinta Kapolres Dompu.

Usai melaksanakan konfrensi pers di akhir tahun 2020 kemarin, kapolres Dompu di Dampingi Kasat Narkoba, Kanit Satreskrim dan Paur Subbag Humas Aiptu Hujaifah melakukan foto bersama dengan sejumlah awak media cetak, online lokal dan Nasional dan acara berlangsung aman dan kondusif dan tetap mematuhi standar Protokoler kesehatan covid 19. Pungkasnya.

 

Rdw. Ddo.

Popular