SOROTKEADILAN | Kamis, 08 April 2021

Lapas II B Dompu Zero Narkoba, Opgab Geladah Seluruh Kamar Warga Binaan.

Tim opgab saat menggeledah Narkoba di setiap kamar warga binaan Lapas Dompu NTB.

Sorot Keadilan.Com,- Dompu, Menyambut Hari Pemasyarakatan dan menjelang bulan suci Randhoan Tim Gabungan Polri,TNI,BNN Kabupaten Bima Dompu menggelar operasi Narkoba atau Barang Haram di Lembaga Pemasyarakat clas II B Kabupaten Dompu NTB pada Selasa malam ( 7/04/2021 ) sekitar pukul 21.00 Wita.

Pantauan langsung wartawan Sorotkeadilan, sebelum di lakukan penggeledahan di dalam rutan, tim operasi gabungan yang terdiri dari Polres Dompu,Kodim 1614, BNN Kabupaten Bima dan anggota Lapas Dompu melaksanakan apel pembagian tim satu 1 sampai dengan 6 di depan halaman Lapas clas II B Dompu yang di pimpin Kalapas Dompu H.A Halik S.Sos.

Tim gabungan yang terlibat dalam operasi tersebut berjumlah 60 orang, dari unsur Polres Dompu sebanyak 14 personil yang di pimpin Kabag OPS AKP I Komang Astrawan, Kodim 1614 Dompu 8 personil yang dipimpin Koramil Kota Kapten Inf Muh.Yamin, BNNK Bima 4 orang dan 30 orang dari petugas sipir Lapas Dompu.

Dari sejumlah personil di bagi menjadi 6 tim gabungan untuk menggeledah 12 kamar warga binaan mulai dari blok atas dan bawah serta satu kamar warga binaan perempuan, tak luput dari incaran petugas.

"Tak ada satu kamarpun yang luput dari penggeledahan petugas termasuk blok kamar kaum Hawa" ucap Kalapas Dompu yang biasa di sapa Aji Helo,( panggilan bahasa daerah Bima, red ).

Setelah melakukan penggeledahan di 12 kamar warga binaan, tim operasi gabungan menemukan sejumlah barang bukti yang di sita yakni, potongan kayu,paku,batu ukuran kecil, botol parfum,ikat pinggang pria, botol krem,botol minyak angin,kayu putih,sendok,tali plastik,kaca cermin,piring kaca dan busa kursi.jelasnya.

Semua barang bukti tersebut sudah di amankan oleh petugas yang disaksikan oleh sejumlah awak media untuk di lakukan pemusnahan,karena barang bukti tersebut akan mengacam keselamatan warga binaan itu sendiri.

"tak ada dusta di antara kita, maksud Kalapas karena dalam hasil penggeledahan tersebut tidak di temukan secuil NARKOBA dan sejenisnya. Sudah di pastikan bahwa di lingkungan lapas Dompu ZERO NARKOTIKA atau barang barang terlarang lainya.'

Dalam konferensi persnya Kalapas Dompu H.A Halik S Sos yang didampingi Danramil Kota Dompu Kapten Inf Muh.Yamin, Kabag OPS Polres Dompu AKP Komang Sastrawan dan Kasat Sabhara Polres Dompu Iptu Balok Suswantoro dan BNNK Bima Amirullah AMD mengatakan, kegiatan ini di laksanakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun lembaga pemasyarakatan dan bulan suci ramadhan serta mengkal isu isu miring di luar bahwa peredaran Narkoba kerap di terjadi dalam lapas. dan selanjutnya, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada tim gabungan yang telah melaksanakan tugas dengan transparan, penuh tanggung jawab dan profesional.

" Malam ini saya membuktikan kepada publik bahwa Lapas Dompu Zero dari Narkoba dan penggunaan alat komunikasi Hand phone lainya", tegas Kalapas.

Ditambahkannya, operasi atau razia seperti ini tidak saja di lakukan di Lapas Dompu,namun serentak laksanakan seluruh Lapas di Indonesia mulai tanggal 5 - 6 April 2021 kemarin.dan malam ini tim gabungan melaksanakan operasi Narkoba dilingkungan Lapas class II B Kabupaten Dompu NTB. tujuannya untuk mengantisipasi beredarnya Narkoba di dalam lapas serta menyongsong hari ulang tahun lembaga pemasyarakatan tahun 2021. hal ini merujuk pada nota kesepakatan (MoU) Lapas Dompu dengan Polres,Kejari,TNI,BNNK Bima menuju Wilayah bebas Korupsi ( WBK) dan wilayah birokrasi bebas melayani (WBBM) masyarakat.tandasnya.

" Penggeledahan yang dilakukan malam ini benar benar secara profesional dan obyektif tanpa ada rekayasa dan di ketehui oleh warga binaan yang ada di dalam lapas Dompu.

Menurut Kalapas, Alhamdulillah semuanya berjalan lancar,sukses dan transparan, sekalipun membutuhkan waktu yang lama kerena setiap kamar akan di geledah oleh masing masing tim. Sementara jumlah warga binaan yang ada di lapas Dompu saat ini sekitar 342 orang sedangkan kamar bui yang tersedia hanya 12 kamar saja.

Mirisnya lagi ucap Kalapas bahwa kapasitas kamar dengan jumlah warga binaan yang ada sudah tidak seimbang lagi alias over kapsitas.ujarnya.

Di akhir keterangan persnya Kalapas Dompu menyatakan, keadaan seperti ini kami tetap berkomitmen untuk memperlakukan warga binaan dengan sebaik baiknya dan memprotek terhadap beredarnya Narkoba di lingkungan Lapas Dompu, baik warga binaan maupun petugas lapas Dompu. Pungkasnya.

 

 

Rdw. Ddo.

Popular