SOROTKEADILAN | Jum`at, 17 Januari 2020

Warga Berharap Jembatan Penghubung Dua Desa Segera Di Bangun



Sorotkeadilan.com,- Sukabumi, Masyarakat sekitar perbatasan desa biasanya memerlukan akses jalan atau jembatan untuk bisa dilalui dalam kegiatan bersosial sehari-hari. Selain itu akses jalan atau jembatan yang bagus di sekitar perbatasan desa bisa menghidupan perekonomian warga setempat, karena dengan akses yang mudah para pedagang, petani dan masyarakat biasapun tak terkendala dalam berkegiatan sehari-hari.

Warga Desa Seuseupan Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi Kp. Ci Seupan Girang Rt 04/02 berharap akses jembatan penghubung ke Kp. Kebon 1 Ci Reundeu RT 02 RW 01 Desa Girijaya Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi segera dibangun karena itu sangat penting sekali sebagai akses atau jalan yang hidup (sangat sering dilalui warga dari kedua desa tersebut).

Menurut Ketua Rt setempat Kp Ciseupan Girang Rt 04/02 Mahmud menjelaskan pada sorotkeadilan.com, bahwa warga sekitar terutama yang ada di wilyah RT saya banyak mengeluh agar jembatan ini dibangun.


"Saya hanya bisa menampung apa yang dikeluhkan warga, semua kebijakan ada di Kepala Desa Seuseupan Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi. Memang jalan atau jembatan itu adalah jembatan hidup yang artinya akses yang banyak dilalui dalam kegiatan berkehidupan sosial sehari-hari. Dari mulai petani, pedagang, dan anak sekolah serta warga lainnya banyak menggunakan akses jembatan itu. Pada intinya kedua warga di perbatasan tersebut pengen segera dibangun". Kata Ketua Rt pada sorotkeadilan.com, Jum'at 17/01/2020.


Masih kata Ketua RT setempat. "Kita hanya bisa memperbaiki jembatan tersebut dengan kerjabakti dan menggunakan media dari bambu.
Walaupun jembatan tersebut adalah adanya diberbatasan dua desa dan dua kecamatan, yaitu Desa Seuseupan Kecamatan Caringin dan Desa Girijaya Kecamatan Nagrak. Jadi oleh desa siapa yang harus membangun saya sendiri kurang tahu, yang jelas warga butuh akses itu. Sempat saya sampaikan ke pihak desa, katanya inshaAllah 2020ini dibangun, namun itu adanya di lahan perbatasan mesti kami rundingkan dulu". Jelas Ketua Rt setempat.


Sementara itu saat dihubungi melalui WhataAaps oleh sorotkeadilan.com pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Seuseupan Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi melalui Sekdesnya (Sekertaris Desa) menjelaskan. Pihaknya sudah siap bangun jembatan tersebut, karena memang itu sangat diperlukan dan dibutuhkan sekali oleh warga kedua desa dikarenakan terletak di perbatasan.


"Sebenarnya tahun sekarang rencana kita ada 3 jembatan yang akan dibangun yang dua sudah fix/Ok, namun yang satu lagi kami lagi nunggu keputusan dari pihak Desa Girijaya Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi. Pada Intinya pihak Pemdes Seuseupan sudah siap 100% untuk bangun jembatan tersebut". Kata Ardi Selaku Sekdes Desa Seuseupan Kecamatan Caringin.


Lanjut Ardi, Karena Pak Kades Lagi ada Acara, dan saya sendiri lagi perjalanan ke arah Bogor, penjelasan saya ini mewakili Kepala Desa Kami dan atasnama Pemdes Seuseupan. Jembatan tersebut memang kewenangan 2 Desa antara Desa Seuseupan Kec. Caringin dengan Desa Giri Jaya Kec. Nagrak. Kita pun sudah beberapa kali ke Girijaya untuk menyamakan persepsi. Tinggal nunggu keputusan dari kepala Desa Girijayanya kalo dari Pemdes Seuseupan sudah siap di tahun sekarang. Saya harap warga mohon bersabar dulu, Mungkin Pemdes Girijaya lagi rembukan untuk masalah ini. Setelah ada kabar, kami akan kabarkan kepada warga hasilnya". Kata Sekdes Seuseupan.

Sorotkeadilan.com pun langsung konfirmasi kepada Kepala Desa Girijaya terkait status jembatan tersebut.

Kades Girijaya membenarkan jembatan itu posisinya berada diperbatasan. Namun hal itu, Saat ini saya atas nama pribadi dan juga atas nama Kepala Desa Girijaya Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi akan segera menindaklanjuti hal ini dalam musyawarah di pihak kami.

"Ya memang betul itu berada di perbatasan Desa kami (Girijaya) Kecamatan Nagrak dan Desa Seuseupan Kecamatan Caringin. Akan tetapi saya baru di lantik minggu kemarin menjabat sebagai Kepala Desa Girijaya ini. Jadi mohon maaf bukan kami tidak respon akan hal tersebut. Kami lagi bahas hal itu juga.

Saya akan survei lokasi beserta perangkat desa, tapi akan saya cek dulu di perencanaan pembangunan tahun ini, apakah masuk apa tidak karena saya di Musrenbangdes tahun ini belum ikut dalam perencanaannya.

InshaAllah dalam waktu dekat ini kita bisa memberikan jawaban seperti yang diharapkan warga sekitar". Kata Ujang Sihab selaku Kades Baru Desa Girijaya Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi. Melalui WhatsApp kepada sorotkeadilan.com.

Sorotkeadilan.com (ARS)

Popular