SOROTKEADILAN | Selasa, 28 Juli 2020

Tekan Pencemaran Lingkungan, Masyarakat Sukapura Sedekah Minyak Jelantah


 

Sorotkeadilan.com - Jakarta Utara - Gerakan sedekah minyak jelantah yang digagas Kelurahan Sukapura sejak November 2019 masih terus berjalan. Lurah Sukapura, Abdul Rahman Hakim menjelaskan, satu jerigen minyak jelantah yang diberikan warga akan ditukarkan dengan 5 kg minyak goreng kemasan.

"Setiap minggunya, pasokan minyak jelatah dari warga akan dibawa ke Kantor Kelurahan Sukapura. Hari ini, tim dari Rumah Kutub Sosial mengambil 41 jerigen minyak jelantah hasil sedekah warga Sukapura untuk diolah menjadi produk bio diesel," jelas Abdul Rahman Hakim saat menerima kedatangan tim dari Rumah Kutub Sosial di Kantor Lurah Sukapura, Selasa (28/7).

Ia berharap, semua warga ikut berpartisipasi menyumbangkan minyak jelantah yang sudah tidak terpakai. "Kalau dibuang begitu saja akan mencemari lingkungan dan apabila minyak jelantah itu tetap dipakai berulang kali maka bisa jadi penyakit dan membahayakan kesehatan," ujarnya.

Bahkan pengumpulan sedekah minyak jelantah juga melibatkan lingkungan sekolah, pemukiman, kantor dan lain-lain. "Semua SDN sudah bergabung termasuk pengurus RW, anggota PPSU, PKK, pengelola RPTRA dan ASN. Penanganan minyak jelantah ini kami ikut sertakan dalam lomba inovasi dan alhamdulillah proposalnya lolos," tuturnya.

(IDiana)

Popular