SOROTKEADILAN | Rabu, 18 November 2020

Akses JakWifi Mendukung Aktivitas Warga RW 015 Tanjung Priok


 

Sorotkeadilan.com - Jakarta Utara - Masyarakat RW 015 Kelurahan Tanjung Priok merasakan manfaat dari program internet untuk semua atau JakWifi. Ketua RW 015 Kampung Muara Bahari, Rasa Nurjamal menjelaskan, ada 7 titik lokasi yang sudah terpasang jaringan internet JakWifi di lingkungan permukiman RW 015 yang memiliki 13 RT.

"JakWifi sangat membantu sekali untuk mendukung aktivitas anak-anak sekolah, mahasiswa dan warga sekitar. Kalau bisa akses internetnya diperluas hingga ke setiap RT biar semuanya terakomodir. Kemudian diberikan password sehingga mudah dalam pengawasan dan benar-benar dimanfaatkan oleh warga setempat," ungkapnya saat ditemui di Kantor RW 015 Kampung Muara Bahari, Kelurahan Tanjung Priok, Kecamatan Tanjung Priok, Rabu (18/11).

Program internet untuk semua menghadirkan akses internet gratis merupakan upaya peningkatan kualitas pelayanan publik dalam memfasilitasi aktivitas masyarakat di masa pandemi COVID-19. "Semenjak JakWifi diaktifkan saya langsung menggunakannya untuk zoom meeting dan laporan kegiatan jumantik serta pendampingan pasien TBC. Kalau didalam rumah sulit untuk mengaksesnya jadi harus kedepan baru dapat sinyalnya," terang Umi Nani, kader jumantik dan paliatif yang bermukim di lingkungan RT 012 RW 015 Kampung Muara Bahari.

Selain mendukung kegiatannya sebagai kader, ia juga memanfaatkan JakWifi untuk memasarkan konektor masker hijab dari bahan manik-manik hasil kreasinya melalui media sosial. "Biasanya suka ikut bazar UP2K atau dititipin ke toko tapi sekarang lagi pandemi jadi dipasarin lewat facebook dan instagram," tuturnya.

Sementara itu, Lurah Tanjung Priok, Ma'mun menegaskan, JakWifi dapat mengurangi beban kebutuhan kuota internet bagi warga di permukiman padat penduduk. "Untuk wilayah Kelurahan Tanjung Priok hanya ada 2 RW yang dapat mengakses JakWifi yaitu RW 011 dan 015. Nantinya, Kelurahan Tanjung Priok bersama PT Indonesia Power akan berkolaborasi melalui program CSR untuk mengakomodir kebutuhan internet gratis di permukiman padat penduduk lainnya. Semoga rencana ini bisa segera terlaksana," ujarnya.

(Diana)

Popular