SOROTKEADILAN | Senin, 27 Januari 2020

KESADARAN TERTIB BERLALUNTAS KURANG DAN PELANGGARAN TILANG DIDOMINASI PLAT MERAH


Sorot Keadilan.Com,- Dompu,  Masyarakat pengendara diwilayah hukum Polres Dompu saat ini kesadaran untuk tertib berlalu lintas masih jauh dari harapan. Meskipun upaya pembinaan,pencegahan dan penindakan kerap kali dilakukan oleh Satuan Lantas Polres Dompu.ucap Baur pelanggaran/tilang Satuan Lantas Polres Dompu Aipda. Hasanuddin. A,ketika dikonfermasi awak media Sorotkeadilan diruangan kerjanya. Senin (21/1/20).

Adapun pola pembinaan yang kami maksud selain pemberian tilang yaitu melakukan sosialisasi di lingkungan pelajar, instansi dan masyarakat pada umumnya.tapi tidak memberikan efek yang jera terhadap para pengendara.selain itu kata udin yang sapaan akrabnya, kami juga tetap melakukan pembinaan di jalan raya dengan melalui operasi rutin sehingga masyarakat tertib berlalulintas. Diawal bulan tahun 2020 ini data pengendara yang mendapatkan tilang cukup banyak.

Kata Kasat lantas yang dikonfermasi melalui Baur Pelanggaran Aipda Hasanuddin A. " bahwa setiap hari Sat Lantas Polres Dompu Polda Nusa Tenggara Barat tetap menjaring kendaraan masyarakat yang melakukan pelanggaran, baik dari oknum Aparatur Sipil Negara yang menggunakan kendaraan plat merah khususnya baik roda dua maupun roda empat yang paling dominan maupun mayarakat sipil pada umumnya dan pelajar.

Beber udin, pelanggaran yang dilakukan para pengendara tersebut antara lain mati pajak, STNK, SIM, HELM,SPion dan perlengkapan kendaraan lainya dan pelanggaran yang sangat memalukan adalah kendaraan Dinas yang sejatinya plat merah namun berubah sepihak menjadi plat hitam. Beber udin, setiap pelanggar yang ditilang itu kerap berdalih lupa".saat ini yang mulai sadar akan tertib berlalulintas di jalan raya itu adalah pekerja jasa kendaraan roda dua(ojek) karena mereka sadar karena kendaraan yang pergunakan untuk mengkail rejeki jelasnya.

Bahkan dalam minggu ini pengendara yang mengikuti sidang di Pengadilan Negeri Dompu sebanyak 190 orang yang didominasi oleh kendaraan roda dua dan roda empat. Untuk itu pihaknya berharap bagi pengguna kendaraan baik roda dua maupun roda empat khususnya kendaraan Dinas supaya mematuhi dan mentaati dalam berlalu lintas.

Selain itu kata Kasat lantas melalui Baur Pelanggaran/ tilang sat Lantas Polres Dompu, " kami berharap budayakan tertib berlalulintas agar terhindar dari kecelakaan yang akan mengancam nyawa kita sendiri dan orang lain sehingga jiwa kita akan tetap aman dan selamat.yang akhirnya disiplin dirumah, disiplin di jalan raya dan taat berlalulintas merupakan budaya anak bangsa indonesia.

(Rd. Ddo)

Popular