SOROTKEADILAN | Jum`at, 19 Januari 2018

Sinergi Bea Cukai dan BNN Gagalkan Penyelundupan 40 kg Sabu Dari Aceh


Sorot Keadilan.Com - Jakarta, Kementerian Keuangan c.q. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Bea Cukai) bekerja sama dengan Badan Natkotika Nasional (BNN) membongkar upaya penyelundupan narkotika jenis methamphetamine (sabu) di Aceh. Sabu seberat 40 kg dari Penang, Malaysia yang dibawa melalui jalur laut tersebut berhasil di amankan petugas gabungan setelah dilakukan penindakan selama dua hari, yaitu pada 10 dan 11 Januari 2018.

 

Penindakan tersebut berawal dari informasi itelejen yang diperoleh Bea Cukai dari BNN pada 9 Januari 2018 terkait upaya penyelundupan narkotika melalui jalur laut. Menindaklanjuti informasi tersebut. Tim patroli laut Bea Cukai dengan kapal B C 15021 dibawah operasi kendali Kantor Wilayah Bea Cukai Aceh melakukan penyisiran perairan si Rayeuk, Aceh Timur  dan melakukan pengejaran terhadap speedboat yang diduga mengangkut narkotika twrsebut. Upaya pengejaran  mengalami kendala karena speedboat telah memasuki daerah sungai Bagok, Aceh Timur dan kapal BC 1521 tidak memungkinkan untuk menyusuri sungai tersebut. 

 

 Petugas team gabungan menangkap HR, AM, JN, SN, Pelaku yang menjalankan operasinya dengan jalan laut yang telah dilakukan modus operansi baru ini di Aceh. Tapi team telah menangkap  jaringan dengan marathon dan berhasil dwngan baik

 

 

Dari penindakan kali ini team mengamankan barang bukti berupa 40 kg narkotika jenis  sabu 5 buah hp dua unit speedboad dan empat tersangka. Dan ke empat tersangka dijerat pasal 144 ayat (2)  pasal 132 ayat (1)  pasal 112 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) undang undang RI no 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan hukuman maksimal pidana mati.

 

Sinergi positif kedua instansi penegak hukum ini merupakan langkah nyata dalam pemberantasan peredaran narkotika di Indonesia.

 

Memteri keuangan Sri Mulyani berharap,"Saya berharap agar aeluruh elemen masyarakat juga berperan aktif dalam melakulan pemberantasan terhadap peredaran narkoba dengan melaporlan kwpada aparat penegak hukum jika menemukan adanya upaya penyelundupan narkoba aekecil apapun." Pungkasnya mengakhiri pers konfren yang diselenggarakan di kantor Bea dan Cukai By Pas Jakarta Timur. Jumat (19/01/2018).

 

(Diana)

 

 

 

 

Popular