SOROTKEADILAN | Sabtu, 18 Januari 2020

Ini Pesan Jaro Desa Cileungsing Kecamatan Cikakak Raih Berkah Kick Riba


Sorot Keadilan.Com,- Sukabumi, Berawal dari Informasi Media Sosial yang diunggah oleh Akun FB Yuda Xip warga Desa Cileungsing Kecamatan Cikakak. Postingan tersebut bertulisakan "Pemerintah Desa Cileungsing Melarang Keras Beroprasinya Bank Emok atah Bank Keliling (Banke) serta Koperasi berkedok Syari'ah di wilayah kami", Jum'at 17/01/2020.

Atas informasi tersebut sorotkeadilan.com mengonfirmasi keberbagai pihak terkait. Menurut Yuda (pemilik akun FB Yuda Xip) yang memosting spanduk tersebut di akun Fbnya menjelaskan, bahwa, memang betul Pak Jaro Asep Ahmad Sobandi menghimbau hal tersebut agar masyarakat Desa Cileungsing meraih berkah dalam usahanya dan hindari jauh-jauh Riba.

"Jaro Asep Ahmad Sobandi menghimbau dalam beberapa kali pertemuan bersama kami dan juga warga Desa Cileungsing untuk menjauhi dan jangan berurusan utang piutang dengan riba. Sebisa mungkin kita harus mandiri dan jangan bosan berdo'a pada Allah Subhanahu wa Ta'ala serta jangan lelah untuk terus berihtiar, itu pesan pak Jaro Kami". Beber Yuda Xip pada sorotkeadilan.com, Sabtu 18/01/2020.

Masih kata Yuda Xip. "Dampak sosial nya terhadap kerukunan bertetangga, rentan ketidak harmonisan, terutama sesama nasabah, yang apa bila salah satu dari nasabah tersebut tidak bisa membayar angsuran nya, karna mekanisme Bank Emok tersebut, tanggung renteng/wajib nombokin yang nasabah lainnya untuk bantu nasabah nya yang belum bisa setor. Banyak percekcokan rumah tangga dan lain-lain. Ngeri pokonya apalagi kalau baca beberapa sumber berita. Dampaknya ngeri banget itu Banke atau Bank Emok alias Bank Keliling. Terus, dari segi administrasi perizinan, jarang sekali dari kegiatan tersebut ada izin dulu dari pemerintahan setempat/Kepala Desa. Karena pasti ga bakal di izinin". Imbunya.


Selanjutnya sorotkeadilan.com coba konfirmasi langsung ke Jaro Asep Ahmad Sobandi selaku Kepala Desa Cileungsing yang banyak diapresiasi warganya terkait himbauan tersebut. Namun sayang sorotkeadilan.com tidak bisa bertemu Pk Jaro Asep karena beliau lagi Perjalan menuju Jakarta. Beliau membenarkan bahwa itu himbaunnya, bagi dirinya ingin hidup kita ini berkah jadi apa yang kita bisa lakukan dalam kebaikan lakukanlah dan sebisa mungkin hindari yang namanya riba.

"Setiap orang menginginkan dirinya hidup berkah, ya begitu juga saya pribadi ingin hidup kita ini berkah jadi apa yang kita bisa lakukan dalam kebaikan lakukanlah dan sebisa mungkin hindari yang namanya riba. Mudah-mudahan Bumdes Desa Cileungsing bisa berperan dalam memberi solusi untuk mendorong perekonomian warga dan kita hindari yang namanya riba". Kata Jaro Asep Ahmad Sobandi pada sorotkeadilan.com lewat Whatsapp.

Jaro Asep melanjutkan. "Bupati Sukabumi aja resah dengan aktivitas Bank Keliling/Bank Emok, Rentenir, Bupati meminta ini harus jadi sorotan dan perhatian semua SteakHolder di Kabupaten Sukabumi ini, beberapa hari yang lalu saya pernah baca tanggapan Bapak Bupati Marwan Hamami tentang Bank Emok, Semoga Desa Cilengsing BISA terbebas dari aktivitas Bank tersebut. Aamiin". Harap Jaro Asep.


Selain warga Desa Cileungsing himbauwan Jaro Asep tersebut diapresiasi juga oleh Ketua DMI (Dewan Mesjid Indonesia) Kecamatan Cikakak Ust Jajang Solihin. Ini sangat luar biasa Jaro Asep Desa Cileungsing menerapkan dan mengawali dengan himbauan-himbauan yang konstruktif dan edukatif serta dibarengi dengan langkah dan cara yang solutif.


"Secara pribadi dan atas nama lembaga DMI Kecamatan Cikakak, kami mendukung steatment yang dibuat oleh Kepala Desa Cileungsing dan kami sangat setuju sekali untuk menolak kehadiran Bank Emok di Desa Cileungsing khususnya kecamatan cikakak pada umumnya.

Namun disamping menolak masuk dan beredarnya Bank Emok juga perlu ada solusi yang sifatnya bisa menjawab kebutuhan masyrakat yang sangat mendesak sekali, misalnya program pemberdayaan masyrakat yang anggaran dananya bisa melalui Dana Desa atau BUMDES dan bisa ditambah dengan peningkatan PAD, serta diefektifkan benar-benar sehingga anggaran dan atau fasilitas negara itu bisa terserap manfaatnya oleh warga yang benar-benar membutuhkan dan memang harus didorong untuk maju dan mandiri serta berkaya. Jangan sampai karena faktor kedekatan saja yang jadi prioritas penerima bantuan atau fasilitas negara tersebut. Sehingga kecenderungan masyrakat untuk debit ke Bank Emok bisa diminimalisir bahkan kalau bisa netralisir.

Begitulah, Intinya kami sangat mendukung sekali dan acungkan jempol bagi Kepala Desa Cileungsing yang telah berani mengawali punya steatment penolakan terhadap Bank Emok di wilayah desanya". Kata Ketua DMI Kecamatan Cikakak Ustd Jajang Solihin.


Sorotkeadilan.com (ARZ)

Popular