SOROTKEADILAN | Kamis, 03 Maret 2016

Tukang Gali kubur dipenjarakan oleh Pengusaha besar PT. SUBUR BROTHER, Sidang di PN Jakarta Selatan

Tampak Saksi Pelapor PT. SUMBER BROTHER di Persidangan Pengadilan Jakarta Selatan

Jakarta,3Februari 2016-Sorot Keadilan.

Empat Terdakwa disidangkan pada hari senin 29/02/2016 jam 14.00 wib di kantor Pengadilan jakarta selatan.ke empat terdakwa diadili atas dugaan tindak pidana pemalsuan dari/atau tindakan memasukkan keterangan palsu,dalam Akta Autentik,dari/atau tindakan tidak menyenangkan sebagaimana dimaksud dalam pasal 263 KUHP,dan/atau pasal 266 KUHP dari/atau pasal 335 KUHP.

Yang mana ke 4 terdawa ini terdiri yakni:

1.Bambang Sutrisno

2.Tati binti Sari

3.Karta wijaya

4.Ibrahim.

Menurut kuasa hukum terdakwa bahwa salah seorang ini berfropesi sebagai Tukang gali kuburan, bahkan dipersidangan diakui bahwa terdakwa tersebut adalah buta huruf.

Persidangan di PN jakarta selatan hari itu dilaksanakan dalam dua kali persidangan.atas permintaan Kuasa hukum dari terdakwa Ibrahim yang dikuasakan ke pengacara Dumoli Siahaan,SH.dan team nya.

Sementara terdakwa lainnya(3 orang lagi) di kuasakan ke :

LAW OFFICE JS.SIMATUPANG,SH terdiri dari:- J.Sontang Simatupang.SH

        -Carles Saragih.SH

        -Saut MT.lumban Raja.SH

        -Jimmy RJ.Simatupang.SH

        -Renova lumban gaol.SH

        -Johannes Immanuel Dolly.SH

Jadwal sidang dimulai pd pukul 14.00wib para majelis hakim terdiri dari:

Bambang sutrisno

Hakim Ketua : Tamrin Tarigan. SH. MH

Hakim Anggota: SUTIYONO. SH.MH

Hakim Anggota LENNY WATI M. SH,MH

 

Majelis hakim 

Karta Wijaya & Tati Binti Sari

Hakim Ketua : SUTIYONO. SH,MH

Hakim Anggota:TAMRIN TARIGAN, SH.MH

Hakim Anggota : LENNY WATI M. SH, MH

Menurut salah seorang kuasa hukum yaitu J.Sontang Simatupang.SH bahwa seorang terdakwa atas nama Bambang Sutrisno ini belum pernah dilaporkan oleh siapapun kepihak Berwenang atas dakwaan yang ia hadapi saat ini,Bahkan dilakukan penetapan tersangka hingga dipenjarakan berbulan bulan.

Sebelum ditahan Bambang sutrisno ini didatangi pihak penyidik kerumahnya dan dilakukan penyitaan barang bukti yaitu:

 

-1(satu) lembar Girik C451 Persil 580 kls 1D Tjipinang ketjamatan Pulo gadung Daswati(Kabupaten/Kotapraja)Djakarta Selatan nama wajib bayar Atjang BinIbrahim.

-1(satu) lembar surat djual mutlak Kebon dari H Mardjuki bin Absir kepada Atjang bin Ibrahim

-1(satu) lembar surat keterangan Kebon diketatahui Lurah Tjipinang Besar tanggal 20 februari 1961.

Hal ini tertuang dalam surat penyitaan no Sp-sita/2386/XI/2014/Dit.Reskrimum,Tanggal 28 november 2014.

Turut hadir dalam persidangan beberapa anggota keluarga terdakwa.salah satunya istri dari Bambang sutrisno yaitu Lina(41th)punya anak dua.

ibu rumah tangga ini menuturkan kepada wartwan Sorot keadilan bahwa suaminya sudah ditahan beberapa bulan lalu di polda metro jaya dan dipindahkan ke Tahanan Cipinang.saya tidak tau apa kesalahan suami saya.Tapi koq diperlakukan seperti ini?dimana keadilan? Tutur ibu anak dua ini saat menunggu suaminya disidang sambil menangis.

Menurut pantauan wartwan Media Nasional Sorot keadilan yang ikut liputan saat persidangan, bahwa sidang ini terkesan dipaksakan alias prematur hal ini juga dikatakan oleh pengacara terdakwa, dengan berbagai alasan yang salah satunya Dugaan surat yang dipalsukan belum pernah dibuktikan secara uji Forensik oleh lembaga berwenang.(dipertanyakan dalam sidang)

Menurut para kuasa hukum diduga kuat ada hal yang patut diduga niat dari pelapor yaitu PT SUBUR BROTHER,agar ganti rugi hak tanah didapatkan oleh pelapor dugaan ini sesuai fakta persidangan bahwa pertanyaan hakim apakah saksi pelapor dirugikan atas dugaan pemalsuan itu? Lalu saksi pelapor PT Subur brother menjawab: kami terhalang perizinan serta administrasi dan lainya di kantor walikota Jakarta timur .pengacara menilai dengan bahwa Lahan yang dikuasai oleh Pt Subur Brother pemilik HGB berada di kelurahan "Cipinang besar Utara".sementara para Terdakwa memegang Girik C451 atas nama Atjang bin Ibrahim berada di kelurahan" cipinang besar Selatan"hal ini sangat aneh pungkas pengacara.

Bahkan dalam persidangan pengacara ini J.Sontang Simatupang.SH mengatakan perlu pengawasan KPK dalam hal ganti rugi nantinya agar tidak terjadi kesalahan siapa penerima yang paling berhak,karena ini menyangkut keuangan Negara.setelah usai sidang sekitar pukul 18.50 wib Sorot keadilan sempat mewawancarai Seorang Hakim yaitu HK : SUTIYONO. SH,MH pertanyaanya Apakah relevan persidangan dilakukan di PN jakarta selatan padahal objek sengketa ini berada di Wilayah Jakarta Timur? Namum Bapak hakim menjawab bahwa yang disidangkan ini bukan masalah tanah,tapi locus nya yang diduga pungkas hakim.lanjut pertanyaan apakah locus delictinya memang di jakarta selatan? Bisa jadi kata beliau(hakim) . persidangan ini akan dilanjutkan berikutnya ke hari senin,07 maret 2016 di Pengadilan jakarta selatan(SK-Obor Panjaitan)

similar news

Kapolda Sulbar : “Allah Akan Mengalihkan Bala Bencana Bilamana Ummat Muslim Melakukan Tiga Hal Ini”

Sorot Keadilan.Com,- Mamuju, Di Masjid Al-Ikhwan Kota Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, Kapolda Sulbar Brigjen Pol. Baharudin Djafar, melaksanakan sholat subuh berjamaah dengan, Selasa (14/11/2017).<...

POLRES KEPULAUAN SERIBU SIAP MENGAMANKAN PUNCAK PERAYAAN HUT Ke – 16 KABUPATEN KEPULAUAN SERIBU

Sorot Keadilan.Com - Kepulauan Seribu, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berkunjung ke Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu, Jakarta. Anies yang datang bersama istri, Fery Farhati Ganis t...

Kader Partai Golkar di Jawa Barat Gelar Do’a Bersama

Sorot Keadilan.Com,- Seluruh kader Partai Golkar Jawa Barat menggelar do’a bersama untuk keselamatan partai secara serempak hari ini Jum’at (29/9). Kegiatan ini menyusul memanasny...

ProDem Gelar Diskusi “Rumah Kaca KPK”

Sorot Keadiln.Com,- Aktivis PRo Demokrasi (ProDem) akan gelar diskusi dengan tema : “Rumah Kaca KPK” di Hotel Mega Proklamasi,Selasa (22/08) mulai pukul 14.00 WIB. Dalam Pasal 3 ...

Popular