SOROTKEADILAN | Kamis, 03 September 2020

Kodim 0622 Kab Sukabumi Komsos Cegah Tangkal Radikalisme Separatisme TW 3 TA2020

Kodim 0622 Kab Sukabumi Komsos Cegah Tangkal Radikalisme Separatisme TW 3 TA2020

Sorotkeadilan.com,- Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi Korem 061/Suryakancana Kodam III Siliwangi Mabes TNI. Letkol Arm Suyikno yang menjabat Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, terus tanamkan Falsafah Bangsa dan Negara Bhineka Tunggal Ika. Tumbuh Kembang kan Jiwa Nasionlisme dan Patriotisme guna merawat Kebhinekaan untuk tangkal Radikalisme dan Sparatisme dalam Bingkai NKRI. Kamis 03/09/2020

Hal tersebut disampaikan dalam pembukaan acara oleh Danramil Kpt Inf Suwarsono selaku Danramil Koramil 2209 Lengkong yang mewakili Dandim Letkol Arm Suyikno, diacara giat Program Kerja Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme TW 3 TA 2020 dengan Tema Merawat Kebhinnekaan untuk tangkal Radikalisme/separatisme dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia NKRI.

Menurut Kpt Inf Suwarsono selaku Danramil Koramil 2209 Lengkong dalam pembukaan tersebut menjelaskan lebih luas secara regulasinya. Bahwa, ada peran keterlibatan Tentara Nasional Indonesia atau TNI yang sangat kusial dan pundamental sekali untuk penanganan terkait terorisme, yaitu, yang sebagaimana diatur dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia di pasal 7 ayat 1 dan 2. Salah satunya adalah melindungi bangsa dari ancaman dan gangguan.

"Sebagai mana pula bahwa, tugas pokok TNI yaitu sangat penting dalam perannya menegakkan kedaulatan negara, juga harus mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia NKRI. Yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara yang kita cintai ini," ungkap Kpt Inf Suwarsono.

Kpt Inf Suwarsono Juga memaparkan bahwa, bahaya atau ancaman yang merongrong Bangsa Indonesia ini, tidak saja dari luar negeri, namun begitu tidak menutupi juga berasal dari dalam negeri sendiri. Hal ini perlu kita waspadai semua, jangan sampai kita lengah.

Terorisme, adalah bahaya yang akan meluluh lantahkan persatuan dan kesatuan serta akan merusakan nilai dan tatanan kehidupan yang ber Bhineka Tinggal Ika, Terorisme dan Sparatisme adalah faham-faham yang menjadi ancaman dari waktu-kewaktu.

Dimana, para generasi bangsa kita, akan di "cuci otak" atau di doktrin untuk menjadi generasi yang brutal dan membabi buta dalam setiap tindakannya dengan tidak menggunakan akal dan logika yang sehat lagi.

Mereka, (Teroris dan Sparatisme) sengaja terus memicu konflik-konflik horizontal di dalam kehidupan ber sosial masyarakat, agar kita keluar dari Falsafah Bangsa Pancasila Bhineka Tunggal Ika.

"Mari kita rawat dan tumbuh kembangkan, serta implementasikan dalam kehidupan seharai-hari nilai-nilai luhur Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika, agar kita tidak lengah dalam mengisi peradaban di jaman Milenial dan Serba Moderinsasi dengan Kecanggihan Teknologi yang luar biasa dampak Positif atau pun Negatifnya," kata Kpt Inf Suwarsono.


Kpt Inf Budi Hadi Priyadi Selaku pemateri di acara tersebut dan juga selaku Danramil 2202 Palabuhanratu

"Bahwa kita sama-sama bersama warga masyarakat dalam menangkal dan memerangi faham-faham yang akan merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara ini.

Kuatkan tali silaturahmi dan tingkatkan soaialisasi Wawasan Kebangsaan kepada warga masyarakat, serta kita dari TNI harus selalu hadir dalam mengayomi dan meng advokasi warga masyarakat. Hal itu agar warga masyarakat tidak ada celah ketika dimasukin 'Virus' atau Doktrin yang akan merusakan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dan hal yang tak kalah penting juga adalah, kita TNI teurus berupaya dalam mendukung program kerja pemerintah seoerti halnyanya sekarang ini. Dimana pemerintah sedang menggenjot salah satunya sektor pertanian untuk Ketahanan Pangan Nasional kita.

Selain itu, Kita TNI, jadi garda terdepan dalam membantu pemerintah dalam percepatan penanggulangan pencegahan penyebaran penularan wabah virus Corona atau Covid-19 ini yang menjadi Pandemi ini.

"Dengan kesadaran BhinekaTunggal ika yang sangat fundamental sekali, serta dengan landasan dasar Falsafah Pancasila serta undang-undang 1945, kami yakin dan optomis, kita bisa mengatasi semua gangguan tersebut dalam menjaga keutuhan NKRI yang kita cintai ini," Beber Kpt Ind Budi Hadi Priyadi.

Hal serupa pun disampaikan dalam kesempatan itu oleh,

Kpt Inf Sudaryo, selaku pemateri juga dan selaku Danramil 2207 Jampang Tengah.

"NKRI "Harga Mati". Para Founding Fathers kita telah mengambil keputusan yang mulia dan luhur untuk keutuhan Bangsa dan Negara ini. para pendiri bangsa dan negara ini telah memutuskan dan menetapkan dengan seksama serta dengan jiwa satrai bahwa Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Bangsa dan Negara Indonesia.

Oeleh sebab itu, TNI harus bisa menanhkap sitiuasi dan kondisi dari segala perubahan dan kemajuan yang jaman ini, yang tak mungkin terbendung lagi.

"Kecerdasan Intelegensi kita semua harus terus mewaspadai upaya memecah belah seperti radikalisme, sparatisme, dan atau dampak negatif lainnya dari perkembangan jaman dan skala lingkungan di wilyah masing-masing," jelas Kpt Inf Sudaryo.

Disamping itu, Hal senada pun disampaikan juga dalam kesempatan itu oleh,

Kpt Inf Agus Rahman, selaku Pemateri dan juga selaku PJS Pasi Pers Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi dan juga selaku Danramil 2206 Parakansalak

"TNI Tentara Nasional Indonesia, harus lebih cekatan dan lebih bisa mengendalikan segala sesuatunya untuk kepentingan pertahanan NKRI ini. Program kerja kita tentu mendukung apa yang jadi program kerja pemerintah, seperti sekarang yang lagi gencar dan di sosialisasikan adalah Percepatan penanggulangan pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 ini yang menjadi Pandemi dunia, termasuk melanda Indonesia kita ini. Selanjutnya adalah program percepatan Ketahanan Pangan Nasional dimulai dari Ketahanan Pangan Daerah," beber Kpt Inf Agus Rahman.

Sikap-sikap dan serta mental Nasionalisme dan Patriotisme yang di ikat kuat oleh nilai-nilai luhur Pancasila yang harus terus dikibarkan Merah Putihnya dalam Implementasi kehidupan bersosial berbangsa dan bernegara. Jiwa-jiwa luhur tersebut bisa kita terapkan dan kita patri dengan melakukan Komunikasi Sosial yang nyata, dan dikerjakan, sehingga warga masyarakat atau generasi milenial, bisa melihat, mendengar, menyimak, tertarik, mengikuti, melaksanakan, dan akhirnya menjiwai nilai-nilai Nasionalisme, Patriotisme, serta Pancasila yang selalu berkibar Merah Putihnya di setiap Bhineka Tunggal Ika.

"Mari kita rawat dan Tumbuh Kembangkan Jiwa Nasionlisme dan Patriotisme guna merawat Kebhinekaan untuk tangkal Radikalisme dan Sparatisme dalam Bingkai NKRI ini. Bagi kami, TNI bahwa melihat dan menganalisa apapun ancaman terorisme, Sparatisme, bukan lagi merupakan ancaman terhadap kamtibnas, akan tetapi ini juga akan mengancam serius terhadap keamanan dan kedaulatan Bangsa dan Negara," pungkas Kpt Inf Agus Rahman.

Selama acara tersebut yang diselenggarakan di Mako Kodim 0622 berjalan lancar, aman dan tertib, serta kondusif dan diikuti oleh seluruh Danramil Sukabumi, berbagai elemen warga masyarakat seperti Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda.
Sorotkeadilan.com (ARS).

Popular