A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: preg_replace(): No ending delimiter '-' found

Filename: models/transaksimodel.php

Line Number: 104

sorotkeadilan.com - ANGGARAN JAKARTA SALAH URUS ; E BUDGETING TIDAK SMART ATAU GUBERNUR DKI YANG TIDAK SMART
SOROTKEADILAN | Jum`at, 08 November 2019

ANGGARAN JAKARTA SALAH URUS ; E-BUDGETING TIDAK SMART ATAU GUBERNUR DKI YANG TIDAK SMART ?

Zaenal Mappirewa, S. Kom., M.I.Kom

Jakarta-Sorotkeadilan.com

Polemik penyusunan anggaran belanja DKI Jakarta yang telah tertuang dalam dokumen Kebijakan Umum Anggaran-Plafon Prioritas Anggaran Sementara ( KUA-PPAS) untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 yang menjadi isu hangat dan telah menyita perhatian warga DKI Jakarta dan masyarakat indonesia. Terkuaknya kejanggalan-kejanggalan beberapa item dalam daftar anggaran DKI Jakarta itu berawal dari unggahan ke sosial media oleh salah seorang anggota DPRD DKI dari Fraksi PSI yaitu Willian Aditya Sarana pada (30/10/2019).  

Persoalan yang ramai saat ini dibicarakan adalah penyusunan anggaran yang berkaitan dengan rencana pembelian barang seperti Lem Aibon dengan angka sekitar 82,8 Miliar, pembelian Balpoint sekitar 123,8 Miliar serta beberapa anggaran pembelian alat lain yang nilainya sangat pantastis. Munculnya angka-angka ini sontak memancing reaksi publik dan menjadi perhatian masyarakat DKI, LSM, politisi maupuan pengamat dan pemerhati perkotaan.

Memang sangat mencengangkan bagi masyarakat awam jika melihat secara detail item penganggaran itu untuk suatu barang seperti Lem Aibon dan Balpoint yang di plot untuk belanja anggaran daerah DKI puluhan Miliar rupiah, belum lagi item-item anggaran lain yang juga menuai kontroversi semakin menambah catatan atas penilaian negatif terhadap Gubernur DKI.

Apa yang dilakukan oleh politisi muda dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan politis muda dari PDI-P sebagai Anggota DPRD DKI yang menemukan daftar item-item anggaran yang janggal tersebut dan mengungkap kepada publik harus mendapatkan apresiasi karena mereka ini benar-benar menjalankan fungsinya sebagai wakil rakyat DKI Jakarta dalam mengawal dan mengawasi dalam hal penganggaran dan kebijakan-kebijakan Gubernur DKI. Meskipun di sisi lain ada yang menganggap bahwa apa yang dilakukan oleh anggota DPRD DKI dari Fraksi PSI ini di anggap melanggar kode etik karena membeberkan ke publik, tapi harus disadari bahwa itu bukanlah rahasia negara dan justru harusnya kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kepentingan publik DKI Jakarta wajib untuk transparan, seperti kebijakan transparansi publik yang dilakukan oleh Gubernur sebelumnya.

 Jika kita komparasikan dengan kondisi masyarakat atau warga DKI Jakarta yang hidup di daerah kumuh, yang hidup di bawah kolom jembatan dan yang masuk dalam kategori hidup dibawah garis kemiskinan, yang seharusnya lebih mendapat perhatian. Akan menjadi berbeda jika anggaran-anggaran yang akan dibelanjakan untuk perbaikan kualitas hidup warga kurang mampu, penataan daerah warga kumuh, penataan masyarakat yang masih tinggal di bawah kolom jembatan atau kolom toll, dan masyarakat DKI yang masih tinggal di bantaran kali dan masih dibawah garis kemiskinan  mendapatkan alokasi dan penganggaran yang cukup besar, maka pendapat dan pandangan publik terhadap kinerja Gubarnur DKI tentu semakin mendapatkan dukungan dan apresiasi.

Kita tetap mengapresiasi kinerja Gubernur yang sudah berjalan dengan baik, tetapi dalam kasus perencanaan anggaran ini, Gubernur Anis Baswedan juga tidak perlu alergi dan panik ketika mendapatkan kritik baik dari anggota DPRD DKI maupun dari masyarakat DKI Jakarta yang kritis, tidak perlu menyalahkan sistem e-budgeting yang tidak Smart, salah input, kesalahan bawahan, tetapi Gubernur Anis Baswedan harus memperlihatkan kualitas, kapasitas dan integritasnya dalam mengambil dan menjalankan kebijakan di DKI Jakarta sebagai Gubernur DKI Jakarta yang Smart.

 Penulis : Zaenal Mappirewa, S.Kom., M.I.Kom

Editor    :Ikbal, SE

similar news

Do’a dan Tusiyah Dipenghujung Tahun Bersama Ahmad Sahroni Center (ASC) Dan Anak Yatim

A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead

Filename: models/mastermodel.php

Line Number: 66

Sorot Keadilan.Com,- Jakarta, Ahmad Sahroni Center (ASC) bersama ribuan anak yatim dan fakir miskin serta ibu jamaah se Jakarta Utara menggelar acara “Do’a dan Tusiyah Dipenghujung Tahu...

Berpindah Tugas, Pak  Totok Mulyanto Ketua Relasi TTS Mengenang Karyanya.

A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead

Filename: models/mastermodel.php

Line Number: 66

Sorotkeadilan.com-Timor Tengah Selatan, Ketua Relasi Kabupaten Timor Tengah Selatan Mengucapkan Selamat melanjutkan tugas baru Bapak Kapolres TTS AKBP Totok Mulyanto, D...

Apel Rakyat ‘’Indonesia Membangun Desa’’

A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead

Filename: models/mastermodel.php

Line Number: 66

Tegal-Sorotkeadilan.com, Dari isi Visi Indonesia yang disampaikan oleh presiden Jokowi Dodo kita dari PosRaya (Posko Relawan Rakyat) suatu organisasi Relawan Strategis pada saat pilpres 2019, terge...

Lintas Padepokan TTKDH, Milad 66 Tahun PS TTKDH 

A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead

Filename: models/mastermodel.php

Line Number: 66

Lintas Padepokan TTKDH, Milad 66 Tahun PS TTKDH Sorotkeadilan.com Dalam Rangka merayakan dan memeriahkan hari ulang tahun Republik Indonesia Ke 74 Tahun serta Milad PS TTK...

Popular