SOROTKEADILAN | Selasa, 01 Oktober 2019

Aksi Di Depan Gedung DPR Dan Sekitarnya Berujung Ricuh


Aksi Di Depan Gedung DPR Dan Sekitarnya Berakhir Ricuh.


Jakarta - Sorotkeadilan.com


Aksi di depan Gd. DPR/MPR yang pesertanya berasal dari beberapa elemen masyarakat, yakni buruh, mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum, Jl. Gatot Subroto, Senayan, Senin, 30/09/2019 sempat memanas saat rombongan anak sekolah menerobos jalan tol arah ke Slipi kurang lebih jam 16.00 WIB dan mendekati pasukan blokade aparat hinggga terjadi pelemparan setelah adanya penembakan gas air mata oleh aparat namun segera diantisipasi oleh para buruh yang terhimpun dalam KASBI ( Kongres Aliansi Buruh Indonesia) membuat deretan pertahanan blokade menghalangi para pelajar mendekat ke blokade Aparat Kepolisian RI sambil mengingatkan agar menghentikan aksinya dan tidak terprovokasi dan ternyata berhasil reda dalam hitungan beberapa menit.

Aksi gabungan ini tetap menuntut agar Pemerintah dan DPR membatalkan beberapa RUU kontroversial tersebut diantaranya RUU KPK yang malah Sudah disahkan menjadi UU KPK dan yang lainnya ditunda pembahasannya diantatanya RUU P-KS, RUU Minerba, RUU Pertanahan, RUU KUHP.

"Kita meminta kepada DPR untuk membatalkan Rancangan Undang- Undang, Tidak hanya menundanya," kata orator dari atas mobil komando.


Usai jumpa pers para perwakilan elemen di samping mobil orasi jam 18.00 tiba-tiba terdengar beberapa kali letupan penembakan gas air mata sepertinya aparat ingin membubarkan paksa aksi ini yang menyebabkan sebagian peserta berlari menghindari asap gas air mata yang menyebabkan mata perih tersebut.

Hingga jam 21.48 peserta aksi melempari aparat dan dibalas dengan penembakan gas air mata di dua titik yaitu di depan LIPI Jl. Gatot Subroto dan di Jembatan Semanggi. Keduanya berhadap-hadapan yang awalnya ada pelajar, mahasiswa dan birih namun kemudian menurut salah seorang aparat Polisi Militer yang ditemui di lokasi, perusuhnya tidak jelas (siapa dan darimana), 30/09/2019.

"Bukan anak sekolah karena orang-orang dewasa, bukan juga mahasiswa yang berbaju almamater," ugkapnya.

Dari pantauan media ini beberapa karyawan dan pengguna jalan lainnya terjebak karena tidak bisa lewat arah ke cawang dan ke arah Semanggi serta arah ke Slipi.

"Mba mau pulang kemana,?" tanya awak media ini.
"Ke Kuningan,"jawabnya.

Memang agak dekat cuma masih ada asap gas air mata dan gerakan para perusuh yang kelihatan berhadapan dengan para aparat di depan kantor LIPI dari lokasi kami berdiri di depan Hotel Cown Plaza kurang lebih 300 meter.

Sebagian pejalan kaki mencoba menembus yang ke arah Kuningan dan cawang tapi balik lagi namun ada beberapa pejalan kaki yang berhasil menembus ke arah Semanggi.

Para mahasiswa dan buruh sudah tak tampak lagi kecuali para pelajar yang rusuh dengan para aparat namun salah seorang aparat mengatakan,campur ada warga, mahasiswa dan pelajar.

Sekitar jam 22.00 arah ke cawang pengendara motor sudah bisa lewat meskipun masih ada perusuh yang bergerombol yang emakin sedikit jumlahnya kurang lebih 7 orang.

Belum diketahui penyebab timbulnya kericuhan di kedua lokasi ini namun sebelumnya juga terjadi pembubaran paksa pelajar yang masih berkumpul di depan Kemenpora, Senayan dengan penembakan gas air mata sekitar jam 19.44 oleh aparat yang bergerak dari arah gedung DPR/MPR ke arah kantor Kemenpora.

Para pelajar sekitar jam 19.00 sempat menyanyikan beberapa lagu perjuangan di depan para aparat Brimob.

Sementara Jalan Tol Cawang dan Tol Slipi ditutup.

Sekitar jam 22.00 beberapa rombongan pemakai motor bisa menembus arah kuningan/Cawang.

Sementara informasi yang dihimpun media ini, di Petamburan juga terjadi penembakan gas air mata yang menurut warga sepertinya bukan gas biasa karena yang terkena langsung melepuh dan banyak korban gas air mata yang ditampung di masjid Petamburan.
(Darman)

similar news

Apel Rakyat ‘’Indonesia Membangun Desa’’

Tegal-Sorotkeadilan.com, Dari isi Visi Indonesia yang disampaikan oleh presiden Jokowi Dodo kita dari PosRaya (Posko Relawan Rakyat) suatu organisasi Relawan Strategis pada saat pilpres 2019, terge...

Lintas Padepokan TTKDH, Milad 66 Tahun PS TTKDH 

Lintas Padepokan TTKDH, Milad 66 Tahun PS TTKDH Sorotkeadilan.com Dalam Rangka merayakan dan memeriahkan hari ulang tahun Republik Indonesia Ke 74 Tahun serta Milad PS TTK...

Menelisik Penggunaan Dana Desa Patani Takalar, Ratusan Juta Jadi Temuan Korupsi ? 

Menelisik Penggunaan Dana Desa Patani Takalar, Ratusan Juta Jadi Temuan Korupsi ? Takalar - Sorotkeadikan.com. Desa Patani yang merupakan salah satu wilayah di...

Turnamen Putsal HUT Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) Resmi Ditutup, PJI Sumsel Pemenang Pertama.

Jakarta-Sorotkeadilan.com JaksaAgung Muda Intelijen Dr. Jan Maringka menyampaikan Futsal membutuhkan kekuatan dan kebersaamaan, karena tidak saja kemampuan perorangan yang ditonjolkan namun ...

Popular