SOROTKEADILAN | Kamis, 18 Februari 2021

Akhirnya Drs.Muhibudin MSI Sebagai PLH Bupati Dompu.

PlH Bupati Dompu Drs Muhibuddin MSI dan Ibu yang di Dampingi Asisten I Setda Prop NTB Ir Ridwansyah. MSI


Sorotkeadilan.com. Dompu, Penundaan terhadap pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Dompu terpilih priode 2021-2026,akhirnya PLT Sekda Dompu Drs. Muhibuddin MSI sebagai PLH Bupati Dompu priode 2014-2021 yang purna tugas pada tanggal 17 Pebuari 2021.

Acara penyerahan surat perintah tugas dari Gubernur Nusa Tenggara Barat tentang penunjukan PLH Bupati Dompu di serahkan oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Privinsi NTB kepada PJ Sekda Dompu selaku PLH Bupati Dompu Drs. Muhibuddin MSI. Yang bertempat di ruang rapat bupati Dompu pada hari Rabu,( 17/02/2021 ) sekitar pukul 02.15 Wita.

Acara tersebut boleh di bilang dadakan karena di hadiri oleh beberapa anggota FORKOPIMDA dan Kepala Dinas Instansi di lingkup Pemda Dompu antara lain, Bupati dan Wakil Bupati Dompu purna Tugas, Kejari Dompu, Wakapolres Dompu, pejabat yang mewakili Dandim 1614 Dompu, PLT Sekda Dompu, Asisten III, Asisten I Setda Dompu, Kadis PPKAD kabupaten Dompu, Asisten II Setda Dompu, Kepala Badan Kebangpoldagri Dompu, Kepala BPBD kabupaten Dompu, Sekretaris BKAD, kabag Umum Setda Dompu dan Kabag Ekonomi, dan Kabag Prokopim Setda Dompu serta insan media pers.

Kemudian kegiatan tersebut di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan lanjutkan dengan penyerahan surat perintah tugas dari Gubernur, dan penyerahan memori jabatan dari Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin serta penandatanganan berita acara serah terima jabatan dari pihak pertama Bupati H. Bambang M. Yasin ke pihak kedua PLH Bupati Dompu Drs. Muhibuddin MSI.

Selanjutnya sambutan Gubernur NTB yang di sampaikan Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Provinsi NTB, Ir.Ridwansyah MSI mengatakan. Puji syukur pada tuhan yang maha Esa sehingga pada siang hari ini kita bisa mengikuti dan menyaksikan acara serah terima purna tugas Bupati dan Wakil Bupati Dompu priode 2016 - 2021 dalam keadaan sehat walafiat. Lanjutnya saya asisten I Bidang Ekonomi dan pembangunan Setda Propinsi NTB yang di tunjuk oleh Gubernur NTB untuk melaksanakan dua tugas, yang pertama menyerahkan keputusan Gubernur yang menunjuk Plt sekda sebagai Plh Bupati Dompu sekaligus menyaksikan serah terima ini.

Hari ini di NTB ada tujuh kepala Daerah dan kota yang berakhir masa tugasnya termasuk kebupaten Dompu dan selamat kepada Muhibuddin yang sudah sah sebagai Bupati Dompu mulai saat ini yang walapun waktunya hanya sembilan hari.dan isyaalah kalau tidak ada halangan pada tanggal 26 pebuari 2021 akan di lantik bupati dan wakil Bupati terpilih yang divinitif.

Ditambahkan Dae Iwan sapaan akrab Asisten I setda Propinsi NTB yang juga putra Dompu, memastikan bahwa pelantikan bupati akan di laksanakan pada tanggal 26 pebuari mendatang moga pelaksanaan nanti berjalan lancar dan pelantikan tersebut di laksanakan serentak di seluruh indonesia secara virtual.hal ini lakukan karena saat ini kita dalam susana covid.ucapnya.

Sehingga dalam pelaksanaan pelantikan nanti akan di batasi hanya 25 undangan saja, masing masing Bupati dan Wakil bupati bersama ibu, Ketua DPRD, FORKOPIMDA, anggota KPUD dan Bawaslu Kabupaten Dompu.sedangkan masyarakat yang ingin menyaksikan acara ini bisa di lakukan liwat lave streming di masing masing kecamatan. Paparnya.

Masih di tempat yang sama kata Ridwansyah, bahwa penunjukan Plt Sekda Dompu sebagai PLH bupati Dompu sudah sah sesuai peraturan dan perundang undangan yang berlaku.dalihnya karena dalam aturan tidak ada clausul yang mengatur secara khusus tentang status Plt Sekda tidak bisa di tunjuk sebagai PlH Bupati.tegasnya

Karena dalam undang undang yang menjadi PlH bupati adalah sekda, tidak di jelaskan Sekda PLT dan atau divinitif. Terang Ridwansyah dengan lugas ketika di tanya awak media sorotkeadilan usai acara.

Sedangkan di tempat terpisah PLH Bupati Dompu Drs Muhibuddin menyatakan. Saya merasa bahagia dan senang karena menerima jabatan ini sebagai PLH Bupati Dompu sekalipun hanya 9 hari.dan saya akan tetap menjalankan tugas ini dengan sebaik baiknya.sekalipun jabatan yang saya emban saat ini ada tiga yakni, Kepala Inspektur Daerah, PlT Sekda dan PlH Bupati Dompu.tuturnya.

Tugas PLH Bupati ini hanya bersifat administratif saja sebelum ada bupati devinitif dan tidak bisa mengambil keputusan yang strategis, seperti mutasi dan penguasaan anggaran.jelas aba Hi sapaan akrabnya PLH Bupati Dompu.

Usai acara tersebut di lakukan ucapan salamat Kepada PLH Bupati Dompu sambil foto bersama dengan Bupati dan Wakil Bupati Purna tugas dan berjalan dengan aman serta sukses. Pungkas.

 

Rdw. Ddo.

Popular