SOROTKEADILAN | Senin, 24 Juli 2017

Pengukuhan Ketua Kaum Agung Pekal oleh Ketua Masyarakat Adat Muko-Muko,Bengkulu Utara, Ipuh, Sebelat


Sorot Keadilan.Com – Jakarta, Acara pengukuhan ini dihadiri sultan-sultan dan raja-raja nusantara bahkan dihadiri tamu agung dari Malaysia. Menurut YM. H. Sultan Bangsa SH. MH bahwa gelar adat budaya tradisi ini harus dihidupkan dan ditanamkan kepada masyarakat kaum pekal muko-muko.  Wilayah Kerajaan Muko-Muko terbentang ketimur berbatasan dengan urai kecamatan ketahun kabupaten  Bengkulu Utara, sebelah barat berbatasan dengan lautan Hindia, sebelah timur berbatasan dengan provinsi Jambi, Kerajaan Muko-muko pernah mengalami kejayaannya pada masa lalu.

 

 

PENGUKUHAN KETUA KAUM AGUNG PEKAL OLEH KETUA MASYARAKAT ADAT MUKO-MUKO,BENGKULU UTARA, IPUH, SEBELAT DAN KETAHUN PADA HARI SABTU 29 JULI 2017 PUKUL 08.30 WIB DAN JUGA PENGANUGRAHAN GELAR DARI DULI YANG AMAT MULIA DAULAT YANG DI PERTUAN RAJA ALAM MINANGKABAU PAGARUYUNG DARUL QOROR SULTAN H. THAUFIK THAIB SH, TUANKU MAHARAJO SAKTI KEPADA SULTAN BANGSA DENGAN GELAR SULTAN GULAMATSYAH II.

 

Seperti kita ketahui bersama Bengkulu  di zamannya prakemerdekaan dijajah oleh Kerajaan Inggris dan terjadi tukar-menukar dengan Singapura, Singapura diambil oleh Inggris dan Bengkulu diambil oleh Belanda. Dilihat dari majunya ekonomi Singapura seharusnya Provinsi Bengkulu sudah maju seperti Singapura sejak awal abad ke 17. 

 

 

 

Sebuah perhelatan akbar yang akan membangkitkan kejayaan kebudayaan Kaum Agung Pekal yang dahulu pernah jaya. Dengan Kesultanan Muko-muko akan lahir renaissance Budaya Bengkulu. Melalui Kaum Agung Pekal yang wilayahnya meliputi muko-muko, Bengkulu Utara, Ipuh, Seblat dan Ketahun diharapkan menjadi Jaya kembali sehingga bisa menjadi tujuan wisata nusantara (winus) dan wisata mancanegara (wisman).

 

Dilihat dari  potensi alam bengkulu dan potensi Sumber Daya Manusia yang belum banyak tergali melalui Kaum Pekal dan Kesultanan Muko-muko bersama pemerintah daerah akan memajukan Provinsi Bengkulu.

 

Perhelatan Akbar ini akan dihadiri oleh Organisasi Majelis Agung Raja Sultan Indonesia, Majelis Cendikiawan Keraton Nusantara dan Komunitas Koperasi Mahkota Nusantera Sejahtera, dimana H. Sultan Bangsa SH, MH menjadi ketuanya.

Raja-raja yang hadir:

 

Duli Yang Amat Mulia Daulat Yang Di Pertuan Raja Alam Minangkabau Pagaruyung Darul Qoror Sultan H. Thaufik Thaib SH, Tuanku Maharajo Sakti.

 

Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin, Ketua Umum Yayasan Raja Sultan Nusantara.

Prof. Dr. M. Asdar,  Ketua Presidium Nasional Majelis Cindikiawan Keraton Nusantara.

Dr. Yosand, Kepala Adat Bone Sulawesi Selatan.

 

Pengeran Nata Adiguna, Masu Thoyib Jayakarta Adiningrat, Sekjen Yarasutra/ Sekretaris Presidium Majelis Cendikiawan Keraton Nusantara dari Kedaton Nusantara Jakarta.

 

Kanjeng Pangeran Norman Hadinegoro, ketua Umum PERNUSA dan dewan pakar Forum Silahturahmi Keraton Nusantara yang mendapat gelar pengeran dari Keraton Surakarta, serta undangan lainnya yang berdatangan dari segala penjuru tanah air.

 

                Semoga dengan diangkatnya Ketua Kaum Agung Pekal YM. H. Sultan Bangsa SH. MH dan sekaligus mendapat gelar Gulamatsyah II oleh Duli Yang Amat Mulia Daulat Yang Di Pertuan Raja Alam Minangkabau Pagaruyung Darul Qoror Sultan H. Thaufik Thaib SH, Tuanku Maharajo Sakti. Semoga kejayaan Bengkulu dapat Jaya kembali.

 

Diana

similar news

MENTERI SUSI TERIMA GELAR KEHORMATAN ‘DAU MENING’ DARI MASYARAKAT ADAT SUKU DAYAK KENYAH

SAMARINDA, sorotkeadilan.com - (25/8/18) Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menerima penghargaan gelar warga kehormatan “Dau Mening” yang berar...

Web Series Film ‘Sang Penggoda’ Akan Tayang di Youtube Mans Entertainment

Sorot Keadilan.Com - Jakarta, MANS Entertainment, telah sukses meluncurkan single terbaru Tata Janeeta feat Maia Estianty (Sang Penggoda) yang tembus lebih dari 20 juta penonton. Sebelumnya C...

Langgar Aturan, KKP – TNI AL Tangkap Kapal Latih Politeknik Negeri Pontianak di WPP 711

JAKARTA, sorotkeadilan.com- (1/8/18) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) ...

Kapolda Metro Jaya, Undang Komisioner Bawaslu DKI, Kerawanan & Potensi Pelanggaran Pada Pemilu 2019 

Sorot Keadilan.Com - Jakarta, Kegiatan Kapolda Metro Jaya dalam mengundang Komisioner Bawaslu DKI akan menjelaskan mengenai kerawanan dalam Pemilu 2019 yang akan datang. Dalam hal ini komisi...

Popular