SOROTKEADILAN | Selasa, 28 Januari 2020

Gebyar Posyandu Balita Sekaligus Layanan IVA Test di Wilayah Pejagalan


Sorotkeadilan.com - Jakarta Utara, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Suni Sigit Wijatmoko memantau pelaksanaan gebyar posyandu balita di wilayah Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Selasa (28/1). Didampingi kader posyandu, ia juga melaksanakan penimbangan balita dan mengecek menu pemberian makanan tambahan (PMT)

"Kesehatan dan tumbuh kembang anak bisa dipantau dalam kegiatan posyandu. Oleh karena itulah, kegiatan posyandu sangat penting dan bermanfaat bagi kesehatan ibu dan balita," ungkap Suni saat berinteraksi dengan warga Pejagalan.

Saat monitoring, ia juga mensosialisasikan upaya pengurangan sampah plastik dengan menggunakan tumbler dan tempat makan yang dibawa langsung dari rumah. "Mengurangi sampah langsung dari sumbernya. Itu yang harus dilakukan. Bisa dimulai dari diri kita sendiri seperti membawa tumbler kemana saja, tidak menggunakan kantong plastik, minuman kemasan dan lain-lain," terangnya.

Bahkan ia menghimbau kepada kader posyandu dan ibu balita untuk membawa wadah makanan sendiri saat menerima menu PMT di setiap kegiatan posyandu. "Jangan pakai kantong plastik lagi silahkan bawa wadah makanan sendiri dari rumah jadi lebih higienis dan ikut berperan dalam upaya mengurangi sampah plastik," tutur Suni.

Setelah itu, ia bergerak menuju mobil Jangkar yang dilengkapi dengan peralatan medis dan petugas kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Penjaringan untuk melayani pemeriksaan kesehatan IVA pada kaum perempuan. "Sistem jemput bola layanan IVA test dengan menggunakan mobil Jangkar. Selain ada kegiatan posyandu disini juga ada layanan kesehatan IVA test sebagai langkah deteksi dini mencegah kanker serviks," pungkasnya.

(Diana)

Popular