SOROTKEADILAN | Senin, 29 Januari 2018

Gerhana Bulan Total Jatuh Pada atanggal 31 Januari 2018 8


Sorot Keadilan.Com - Jakarta, Gerhana Bulan kali ini diistilahkan dengan Super Blue Blod Moon peristiwa ketika terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai kebulan. 

 

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posiai Matahari, Bumi dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. Preskonfrens ini di gelar di Kompleks BMKG, Gedung C lantai 1 Jalan Angkasa 1 Kemayoran Jakarta Pusat. Senin (29/01/2018)

 

H min Dua  peristiwa Gerhana Bulan Total akan teramati di seluruh wilayah Indonesia. Perlu diingat bahwa Gerhana Bulan Total terjadi saat Bumi berada di antara Matahari dan Bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga Bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Namun, ada apa dengan Gerhana Bulan Total pada 31 Januari 2018 nanti?

 

Fenomena unik yang disebut-sebut sebagai Super Blue Blood Moon ini memang sangat langka terjadi, karena TIGA fenomena sekaligus akan terjadi pada saat yang bersamaan.

 

Pertama yaitu Blue Moon. Disebut dengan Blue Moon karena merupakan bulan purnama kedua yang terjadi pada satu bulan yang sama. Fase bulan purnama pertama terjadi pada tanggal 2 Januari 2018 dan yang kedua akan terjadi pada tanggal 31 Januari 2018.

 

Kedua yaitu Super Moon. Sebutan ini diberikan karena bulan tampak sangat besar dan sangat terang. Menurut NASA, ukuran bulan bisa mencapai 30% lebih besar dan 14% lebih terang dari biasanya. Hal ini disebabkan karena jarak bulan sangat dekat dengan bumi atau bertepatan dengan momen bulan mencapai titik perigee. Masih ingat kan? Jalur orbit bulan saat mengelilingi bumi bukanlah berupa lingkaran, melainkan berupa elips. Artinya, posisi bulan dapat berada pada titik terdekat dengan bumi (perigee) maupun titik terjauh (apogee).

Nah, yang ketiga yaitu Blood Moon atau Bulan Merah. Istilah ini digunakan karena saat terjadi Gerhana Bulan Total, bulan akan tampak merah seperti darah.

 

Ketiga fenomena unik ini akan muncul secara bersamaan dan dapat diamati di seluruh penjuru Indonesia pada tanggal 31 Januari 2018. Gerhana Bulan Total ini dapat diamati mulai pukul 17.49 WIB hingga 23.09 WIB dan akan mencapai puncak pada pukul 20.29 WIB. Berikut merupakan tabel waktu terjadinya Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018 di wilayah Indonesi

 

(Diana)

 

 

 

 

Popular