SOROTKEADILAN | Senin, 13 Agustus 2018

Rakornas BIG "Indonesia Connected : Satu Peta Prestasi Bangsa".


Rapat Koordinasi Nasional
Infrastruktur Informasi Geospasial.
"Indonesia Connected : Satu Peta Prestasi Bangsa".

Sorotkeadilan.com - Jakarta,13/08/2018.


Bertempat di Flores B Room, Hotel Borobudur, Jakarta Pusat,13/08/2018 digelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Infrastruktur Informasi Gepspasial.
"Indonesia Connected : Satu Peta Prestasi Bangsa".

Acara yang diprakarsai oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Kemeterian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia untuk lementerian / lembaga dan pemerintah daerah ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan Pembacaan Doa, lalu diteruskan dengan laporan penyelenggaraan rakornas ini oleh Dr.Suprajaka, kepala Pusat Standarisasi Kelembagaan Informasi Geospasial Badan Informasi Geospasial.(PSKIP. BIG)

Dalam Rakornas yang hanya berlangsung sehari ini Suprajaka menyampaikan tujuan Rakornas ini adalah untuk melaporkan penguatan jaringan informasi Geospasial Nasional.
Juga dilaporkan Rapat Kerja Daerah (Rakorda) tingkat daerah dan pusat, diantaranya
Siulawesi, Kalimantan, Jawa,Bali Dan Nusra (Nusatenggara).

Kegiartan ini merupakan persiapan untuk berbagi pakai data melalui Jaeingan Informasi Geospasial Nasional (JIGN) untuk mengakomodir data-data yang dihasilkan sesuai target Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta (KSP).

Dihadapan lebih 200 peserta yang terdiri dari kementerian/lembaga, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Telekomunikaai dan Informatika, Pusat Pengembangan Infrastruktur Data Spasial (PPIDS) dan mitra pembangunan,
Kepala BIG, Hasanusdin Z. Abidin menekankan,:"Pengelolaan data spasial sangat penting sehingga perlu dibentuk/ditunjuk unit kerja yang menjadi simpul jaringan dalam pengelolaan data IG (Informasi Geospasial). Diharapkan kedepannya,IG yang sudah diunggah dapat dimanfaatkan untuk peninjauan kembali peta tata ruang".

Kebijakan Satu Peta adalah amanat Undang-Undang (UU) Nomor 4 Tahin 2011 dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2016 yang mengatur kepastian hukum, keterpaduan, keterbukaan, kemuktahiran dan keakuratan dari penyelenggaraan informasi Geospasial.

Konsep Kebijakan Satu Peta meliputi :
•Satu Referensi (One Reference).
•Satu Standard (One Standard).
•Satu Basis Data (One Database).
•Satu Geoportal (One Geoportal).(BIG).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan di depan para awak media bahwa membuat RDTR (Ruang Detail Tata Ruang) tidak murah dan lama karena itu membuat rencana suatu kota atau kabuten perlu expert (ahli).

Badan Informasi Geospasial adalah lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang informasi geospasial. BIG berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden dan dipimpin oleh seorang kepala. Wikipedia

Geospasial atau ruang kebumian adalah aspek keruangan yang menunjukkan lokasi, letak, dan posisi suatu objek atau kejadian yang berada dibawah, pada, atau di atas permukaan bumi yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu.(pinterdw.blogspot.com).(sdt).

Popular