SOROTKEADILAN | Jum`at, 29 Desember 2017

Refleksi Akhir Tahun Kabarkan Pencapaian Kerja Polisi Republik Indonesia tahun 2017


Sorot Keadilan.Com -  Jakarta, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, menggelar konferensi pers akhir tahun Polri 2017 di Jakarta, Jumat (29/12). Kapolri memaparkan di tahun 2017 terjadi penurunan sebesar 23 persen jumlah kejahatan diangka 291.748 kasus, sedangkan pada tahun 2016 mencapai 380.826 kasus. Selain itu, dari jumlah kasus kejahatan pada tahun ini Polri bisa menyelesaikan kasus sebanyak 181.448 kejahatan. Hasil ini menurun dibandingkan tahun lalu, pasalnya di tahun 2016 aparat kepolisian berhasil menyelesaikan kasus kejahatan sebanyak 229.120.

Penyampaian refleksi Akhir Tahun Kita perlu mengevaluasi Polri selama setahun pada 2017 dan juga memprediksikan situasi kantibmas  2018.  Tentunya ini ada dua yang di fokuskan  baik Bidang Organisasi Intenal dan Eksternal. Ini sebagai dasar untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja Polri sendiri.

Dihadiri sejumlah jurnalis media cetak, media elektronik, serta media online, berkumpul di ruang Aula Rupatama, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, guna mengikuti undangan Konferensi Pers Akhir Tahun 2017 Kepolisian Negara Republik Indonesia.Jumat (29/12/2017)

Acara gelaran Konferensi Pers ini diketahui sebagai wujud Refleksi Polri dalam kerja dan kinerjanya sepanjang tahun 2017 sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban Polri kepada publik atas kinerja dalam bidang pembinaan, bidang operasional, bidang sektor lainnya serta anggaran Polri dan juga langkah agenda Kamtibmas pada tahun 2018.

“Tujuan utama kita pada kesempatan ini dalam rangka kita secara terbuka mengadakan refleksi akhir tahun evaluasi tentang apa yang sudah dilakukan oleh Polri selama tahun 2017 dan juga prediksi situasi Kamtibmas tahun 2018 yang perlu kita antisipasi bersama,” ucap Kapolri Jenderal Pol Tito Karnaviaan yang hadir ditengah-tengah rekan media.

“Kami tentunya sebagai lembaga publik ingin menyampaikan apa saja yang sudah kami kerjakan baik di bidang internal organisasi maupun eksternal organisasi,” imbuhnya.

Segala hal baik prestasi hingga kekurangan Polri dipaparkan secara langsung dan terbuka oleh Kapolri Tito dihadapan peserta konferensi diantaranya prestasi maupun penghargaan yang telah diterima Polri selama 2017, meningkatkan tipologi Polda, tranparansi anggaran, menurunkan angka kriminalitas kejahatan 23 persen dari tahun lalu, keberhasilan satgas pangan menjaga stabilitas pangan, penanganan tindak pungli, perwujudan transparansi, peningkatan pelayanan publik dalam segala sektor, inovasi Polri membentuk aplikasi-aplikasi, pengungkapan sindikat penyebar berita Hoax, penanganan karhutla, apresiasi penghargaan atas sistem anggaran Polri dan manajemensi anggaran dari Kemenkeu, BPK, serta berhasil menjadi percontohan institusi kategori BB oleh Menpan RB.

Dengan sistem pengelolaan anggaran tersebut, Polri mendapat penghargaan dari Kemenkeu, Menpan RB BPK, dengan kategori BB.

Tak hanya itu, dalam sektor bidang lalu lintas, Kapolri pun menyampaikan segala prestasi yang telah diraihnya antara lain, hadirnya Samsat online, prestasi operasi Ramadniya, Operasi pengamanan Natal dan tahun baru, penurunan angka lakalantas, peningkatan kamseltibcarlantas, serta menjadi tuan rumah Indonesia Traffic Asean Police, hingga keberhasilan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas sebanyak 6%.

“Faktor utama penyebab kejadian diketahui dikarenakan oleh human error, disusul kendaraan, dan cuaca,” ungkap Kapolri.

Keberhasilan polri dalam mengungkap kasus-kasus Human Trafficking, kasus Narkoba, Proaktif jajaran Polri dan Densus 88 dalam mengungkap kasus Terorisme sebanyak 172 tersangka, menekan turun angka ilegal fishing.

“Selain keberhasilan itu, Polri kehilangan anggotanya yang gugur selama 2017 sebanyak 14 anggota,” ucap Tito.

Kapolri pun membeberkan, perlu diketahui, sejak 2016 Polri adalah lembaga nomor 3 terbawah yang tidak dipercaya publik. Namun, kini di tahun 2017 berdasarkan survei, Polri kini menjadi lembaga terbaik urutan ketiga yang dipercaya publik.

Turut hadir Wakapolri Komjen Pol Syafruddin, Petinggi petinggi jajaran kapolri dan Tamu undangan, puluhan awak media baik Elektronik, media  Cetak dan media  Online meramaikan acara giat di Markas Besar  Polri Jakarta.

 

(Diana)

similar news

Laporan Kegiatan Apèl Pam Malam Takbir Polres Kepulauan Seribu

Sorot Keadilan.Com -Kepulauan Seribu, Pelaksanaan kegiatan apel Kesiapan Pam Malam Takbir Kamis, 14 Juni 2018 pukul 16.00 Wib dipimpin Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Victor Siagian, S...

Tingkatkan Pelibatan Laki – laki Demi Tekan AKI ( Angka Kematian Ibu).

Sorotkeadilan.com-Jakarta 18 April 2018. Dalam Press Releasenya, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), memaparkan bahwa hingga Millenium Development Goal’s berakhir...

FORKAMI Goes To Campus :  BERSAMA MENCIPTAKAN PELAUT INDONESIA YANG HANDAL DAN BERWAWASAN KEBANGSAAN

sorotkeadilan.com-Jakarta,Rabu 28/03/18. Program Goes to Campus Forum Komunikasi Maritim Indonesia kali ini dilaksanakan di Kampus Politekni...

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno Menghadiri Pengukuhan DPD HIPPI Provinsi DKI Jakarta  

Sorotkeadilan.com - Jakarta, Kamis 15 Maret 2018 .Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno hari ini, Kamis 15/03/2018 bertempat di Ruang Balai Agung kantor Gubernur DKI Jak...

Popular