SOROTKEADILAN | Sabtu, 11 Agustus 2018

DPR RI desak pemerintah untuk memperbaiki gedung sekolah di NTB


JAKARTA, sorotkeadilan.com- (11/8/18) Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan meminta pemerintah memprioritaskan perbaikan gedung sekolah di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang rusak akibat gempa. Menurutnya, Kegiatan pendidikan di NTB tidak boleh berhenti meskipun banyak gedung sekolah yang rusak akibat gempa bumi beberapa waktu lalu.

"Rehabilitasi sekolah yang rusak akibat bencana harus menjadi prioritas. Pendidikan anak tidak boleh terbengkalai walaupun terjadi bencana. Karena pendidikan ini merupakan amanat undang-undang yang harus dijalankan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa secara berkeadilan, dalam hal ini termasuk pendidikan di daerah bencana harus terus berjalan," ungkap Taufik kepada wartawan, Jumat (10/8/18).

Taufik juga mendesak pemerintah agar segera memperbaiki infrastruktur lainnya. Dia berharap rehabilitasi infrastruktur dapat memulihkan pariwisata di NTB.

"Kita berharap pemerintah segera memperbaiki seluruhnya sehingga pariwisata di sana tidak terlalu terdampak. Jika terdampak pun, kita harap tak berlangsung lama," jelasnya.

Menurutnya, bencana gempa yang melanda NTB merupakan pelajaran berharga bagi pemerintah. Politikus PAN itu juga menuturkan pemerintah harus memberikan perhatian khusus terhadap daerah-daerah yang rawan bencana, seperti gempa.

"Untuk mengurangi risiko bencana di sekolah, ke depannya perlu ada perhatian khusus pada sekolah. Seperti bangunan yang lebih tahan gempa. Selain itu, guru-guru dan anak-anak harus diberi pelatihan dan modul antisipasi rawan bencana, sehingga pendidikan tetap berlangsung kendati terjadi bencana alam," ujar Taufik.

Satgas Penanggulangan Bencana Gempa Lombok mengatakan bahwa sejauh ini korban jiwa akibat gempa 5 Agustus itu sebanyak 385 orang. Meskipun gempa itu tak masuk kategori bencana nasional, pemerintah pusat tetap semaksimal mungkin membantu pemulihan pascabencana. (Hendrik)

Popular