SOROTKEADILAN | Jum`at, 12 Juli 2019

PELATIHAN PEMANDU WISATA DI KABUPATEN DOMPU


Sorotkeadilan.com -  Dompu

Dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan para pelaku pariwisata maka sangat perlu dilakukan pelatihan dan pendidikan pemandu wisata. Pelatihan para pramuwisata yang diselenggarakan oleh Dinas kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Dompu, dengan peserta pelatihan pemandu wisata lokal Dompu sebanyak 150 orang. Pelatihan pemandu wisata dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 9 - 10 juli 2019 yang diselenggarakan di gedung PKK kabupaten Dompu.


Acara tersebut dibuka oleh asisten satu setda Dompu Drs.H.Sudirman yang mewakili bupati Dompu Drs.H.Bambang M.Yasin yang didampingi oleh Kadis Kebudayaadan pariwisata Kabupaten Dompu dan sejumlah undangan lain yang terdiri dari Kepala Dinas, instansi dan swasta sebagai pelaku industri pariwisata di kabupaten Dompu. Dalam sambutanya Asisten satu menyatakan " Perkembangan industri pariwisata di tanah air sekarang cukup pesat sekali, sekalipun perkembangan pariwisata di Dompu belum berkembang seperti di Daerah lain" akunya.


Selanjutnya iya berharap kedepan industri pariwisata kita akan berkembang dan maju apabila didukung oleh sarana dan prasarana yag memadai, stekholder, masyarakat dan spesifiknya sumber daya manusia pemandu wisata yg melaksanakan palatihan saat ini.
Sebagai narasumber atau pembawa materi dalam pelatihan ini melibatkan beberapa pelaku usaha pariwisata yg sukses dan para akademisi pariwisata di mataram, ucap Kadis Kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Dompu H.chaerul insyan SE.MM disela-sela acara tadi.


Lanjut, Dae mpera sapaan akrabnya, pelatihan para pemandu wisata tahun ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan, dengan harapan sumber daya manusia yang dididik ini menjadi tenaga atau pemandu wisata yang handal. Sehingga dimasa yang akan datang industri pariwisata di kabupaten Dompu akan semakin maju, harapnya. Untuk mendorong percepatan pariwisata di Daerah kita dibutuhkan kerja bareng semua pihak termasuk dunia usaha untuk berperan akitf dalam menginvestasikan di bidang pariwisata, termasuk masyarakat yang ada di kawasan objek pariwisata tersebut. Prinsip wisata, menciptakan rasa aman dan nyaman, kesan yang baik serta mendapatkan pengalaman baru setiap wisatawan. Selanjutnya kata Dae mpera, penyelenggaraan pelatihan ini menggunakan anggaran APBD II dan Dak Tahun anggaran 2019.


Kegiatan pelatihan ini akan berakhir besok rabu 10 juli 2019, kegiatanya diakhiri dengan kunjungan lapangan di salah satu kawasan objek pariwisata yang terdekat di Kabupaten Dompu.

rdw dod.

Popular