SOROTKEADILAN | Kamis, 23 Januari 2020

APEL SIAGA BENCANA TINGKAT KABUPATEN DOMPU TAHUN 2020 DITANDAI PEMERIKSAAN PERSONIL DAN PERALATAN

Dandim 1614 Dompu di dampingi Kapolres Dompu sedang melakukan pemeriksaan personil pada apel siaga bencana tingkat Kabupaten Dompu.

Sorot Kedilan.Com,- Dompu, Gelar Apel Siaga Bencana alam tingkat Kabupaten Dompu tahun ini dilaksanakan pada hari Rabu (20/1/20) yang bertempat di lapangan beringin Paruga Perenta Nggahi Rawi Pahu (Kantor Bupati Dompu, red) dimulai sekitar pukul 08.00 Wita yang dipimpin langsung Dandim 1614 Dompu Letkol. Inf. Ali Cahyono S. Kom.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Sekda Dompu H. Agus Buhari SH. MSi mewakili Bupati Dompu, Dandim 1614 Dompu,Kapolres Dompu AKBP. SUARIF HIDAYAT SH. SIK, Pimpinan DPRD Dompu, Ketua Pengadilan Negeri Dompu, Ketua Pengadilan Agama Dompu, Kepala BPBD Kabupaten Dompu, Kejari Dompu,Kepala Kementrian Agama Kabupaten Dompu dan seluruh Kepala Dinas Instansi dan Lembaga di jajaran Pemda Kabupaten Dompu.

Sedangkan peserta Apel Siaga bencana adalah, anggota Kepolsian resor Dompu satu peleton, personil TNI satu peleton, satu peleton anggota resciu BPBD kabupaten Dompu, anggota Dinas Perhubungan Kabupaten Dompu satu peleton, Personil POL PP Kabupaten Dompu, anggota PMI Kabupaten Dompu dan gabungan anggota Dinas Instansi terkait lainya di lingkup Pemda Kabupaten Dompu.

Dari pantauan langsung dilapangan oleh beberapa awak media lokal, regional fan Nasional bahwa apel siaga bencana alam tersebut berlangsung tertib dan sigap dalam menanggulangi bencana yang akan terjadi. Selanjutnya inspektur upacara dalam sambutan menyampaikan. " Puji syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas Rahmatnya sehingga kita semua bisa mengikuti apel siaga bencana angin puting beliung,banjir dan tanah longsor di daerah ini dalam keadaan sehat walafiat". Wilayah Kabupaten Dompu merupakan wilayah yang berada pada zone Ring dan Fere sehingga berdampak kebencanaan Geologi dan Hidrometeorogi.

Bencana Geologi berupa gempa bumi, tanah longsor maupun Hidrometeorogi berupa banjir bandang, tanah longsor dan angin puting beliung yang kerap mengancam kehidupan kita setiap saat oleh karena itu kita tetap sigap dan waspada akan kebencanaa tersebut.

Lanjut uraian orang nomor satu di jajaran Kodim 1614 Dompu, apel siaga bencana pada pagi hari ini bertujuan untuk mengevaluasi kesigap kita dalam menghadapi bencana banjir bandang, tanah longsor dan angin puting beliung dan kita akan mengenali kemungkinan ancaman bencana yang ada sehingga kita dapat menangani dengan strategi yang tetap. Selain itu kita harus mengetahui permasalahan yang ditimbulkan agar kita bisa mencarikan jala keluar atau solusinya sehingga permasalahan tidak akan berlarut ucapnya.

Berdasarkan data dari BMKG bahwa puncak musim hujan pada awal pebuari sampai pertengahan bulan maret mendatang. Bila dilihat persiapan kita baik dari segi personil dan peralatan yang di milki oleh TNI, kepolisian resor Dompu, Brimob, Tagana dan instansi lembaga lain yang terkait sudah cukup tersedia dan mumpuni pada saat ini dan yang perlu kita mantapkan adalah koordinasi dan kerja sama semua pihak yang terkait lanjutnya untuk mengantisipasi bencana yang akan timbul dikemudian hari, TNI, POLRI telah membentuk POSKO Siaga Bencana yang sentralnya di Kantor BPBD Kabupaten Dompu yang mulai aktif piketnya dari tanggal 20 Januari sampai dengan tanggal 31 maret tahun 2020 dan ini sebagai wujud siaga kita dalam mengantisipasi bencana yang akan terjadi.

Wilayah Nusa Tenggara Barat merupakan propinsi percontohan sigap kebencanaan di indonesia khususnya di Kabupaten Dompu.

Di akhir sambutan Dandim 1614 Dompu Letkol. Inf. Ali Cahyono. Skom Menyampaikan, menghadapi iklim cuaca yang ekstrim ini diharapkan kepada seluruh masyarakat Dompu untuk tetap berhati hati dan waspada,kurangi perjalanan yang tidak penting dan hindari kondisi yang rawan bencana agar terhindar dari resiko yang terjadi, patuhi jalur titik evakuasi yang aman, menjaga lingkungan hidup disekitarnya dan tingkatkan keimanan dan ketakwaan sesui keyakinan masing masing agar tetap mendapatkan perlindungan dari Tuhan yang Maha Esa, kita berharap senantiasa terhindar dari kebencanaan Geologi maupun Hidrometeorogi di Daerah yang kita cintai ini dan kita kobarkan salam tangguh bencana kepada seluruh lapisan masyarakat bumi nggahi rawi pahu ( red. Dompu).

Usai melaksanakan apel siaga bencana pimpinan upacara Dandim 1614 Dompu di dampingi Kapolres Dompu AKBP. SYARIF HIDAYAT SH. SIK dan Kepala BPBD Kabupaten Dompu Ir. ZUFRIN malakukan pemeriksaan Personil dan Peralatan kebencanaan dan fasilitas pendukung lainya di lokasi upacara.

Apel siaga bencana tingkat Kabupaten Dompu tahun 2020 berakhir pukul 9.30 Wita dan berjalan dengan lancar dan sakses.

(Rd Do)

Popular