SOROTKEADILAN | Kamis, 14 Februari 2019

Tingkatkan Semangat Bela Negara


Jakarta, 13 Februari 2019,-- Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Koarmada I menggelar Komunikasi Sosial TNI TA 2019 dengan tema “Melalui Kegiatan Komunikasi Sosial TNI Kita Pelihara Kemanunggalan Dengan Rakyat Guna Meningkatkan Semangat Bela Negara”, bertempat di Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (13/2).

 

Pangkoarmada I dalam sambutannya yang dibacakan oleh Aspotmar Koarmada I Kolonel Laut (P) Ivan Gatot Prijanto, S.E., menyampaikan bahwa Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar merupakan bangsa yang memiliki tingkat heterogenitas yang tinggi dengan jumlah suku bangsa yang beragam, bermacam-macam agama, beraneka ragam budaya, adat istiadat dan bahasa. Keanekaragaman tersebut dapat membuat kehidupan bangsa yang rukun, bersatu serta saling menghormati. Disisi lain dengan adanya pengaruh era globalisasi, wawasan kebangsaan Indonesia juga mengalami ujian yang cukup berat. Nilai-nilai kebangsaan yang mempersatukan perbedaan seakan-akan telah surut dan mendorong lahirnya sebuah kesadaran yang sempit dan jauh dari rasa kebangaan. Paham tentang sebuah bangsa ini kini telah bergeser menjadi kesadaran etnis yang sempit yang dapat merongrong kewibawaan bangsa. Semangat kebangsaan yang berhasil mempersatukan segala macam perbedaan menjadi rapuh oleh tuntutan dan perkembangan jaman yang berkembang begitu cepat. Penurunan wawasan kebangsaan ini perlu direspon agar tidak berkembang menjadi kekuatan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

 

“Untuk mengeliminasi dan mencegah terjadinya ancaman disintegrasi antar komponen bangsa tersebut dibutuhkan adanya suatu ketahanan sosial yang kokoh dan kuat yang harus dimiliki oleh setiap anak bangsa demi keikutsertaannya dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan negara, sehingga perlu dilakukan kegiatan Komunikasi Sosial TNI secara konsisten dan simultan yang merupakan salah satu pembinaan teritorial yang paling sederhana, paling tepat dan sangat efektif dalam mencari solusi pemecahan permasalahan di wilayah yang dikoordinasikan dan disinergikan antara Satkowil TNI dengan pemerintah, instansi terkait dan komponen bangsa lainnya dalam emnjaga stabilitas nasional dengan membangun karakter bangsa,” ujar Pangkoarmada I.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang Komunikasi Sosial TNI dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk memelihara dan meningkatkan keeratan hubungan antara TNI dengan segenap komponen bangsa guna kepentingan pertahanan dan keamanan negara yang harus dijaga dengan cara membangun karakter bangsa.

 

Adapun sasaran kegiatan Komunikasi Sosial TNI adalah terwujudnya komunikasi yang baik antara TNI dengan aparat pemerintah dan komponen bangsa, tercapainya pemahaman seluruh komponen bangsa tentang tugas pokok TNI sehingga masyarakat dapat mendukung tugas pokok TNI, terbentuknya kesadaran pola pikir dan pola sikap serta pola tindak masyarakat kearah yang lebih baik dan konstruktif untuk kepentingan bangsa dan negara agar lebih cinta kepada TNI, tercapainya pemahaman komponen masyarakat tentang perlunya mewaspadai bahaya berita bohong (hoax) yang beredar didunia maya dan perlunya menyiapkan menghadapi konsep revolusi industri 4.0 bagi generasi muda serta mewaspadai bahaya paham komunisme, terwujudnya penguatan Kemanunggalan TNI dan Rakyat yang lebih kuat.     

 

Kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat, Pramuka Saka Bahari wilayah Jakarta Timur, Remaja Masjid Kelurahan Cibubur, Remaja Karang Taruna Kelurahan Cibubur.

Pangkoarmada I Pimpin Sertijab Komandan Satkor Koarmada I

 

Jakarta, 13 Februari 2019,-- Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksmana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Satuan Kapal Korvet (Dansatkor) Koarmada I dari Kolonel Laut (P) Isswarto kepada Kolonel Laut (P) Mochammad Riza, S.E., bertempat di Kompleks Satuan Koarmada I Pondok Dayung Jakarta Utara, Rabu (13/2).

 

Dalam sambutannya, Pangkoarmada I menyampaikan bahwa Serah Terima Jabatan merupakan dinamika dari sebuah organisasi yang terus bergerak dari waktu ke waktu dan merupakan proses regenerasi yang bertujuan untuk memantapkan kualitas kepemimpinan, mengembangkan kemampuan manajerial dan memperluas wawasan serta memperkaya pengalaman bagi perwira sehingga diharapkan mampu mengemban setiap tugas yang dibebankan kepadanya secara profesional demi kemajuan organisasi. Dan secara simbolis dilaksanakan dengan penyerahan tingkat komando dan dhuaja yang melambangkan proses estafet kepemimpinan.

 

Lebih lanjut disampaikan bahwa Satuan Kapal Eskorta Koarmada I sebagai salah satu satuan komando pelaksana pembinaan, bertugas melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur unsur-unsur organiknya dalam bidang peperangan laut anti kapal selam, peperangan laut anti kapal permukaan dan peperangan laut anti serangan udara dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur Koarmada I.

 

“Hasil operasi dan latihan yang telah diraih Koarmada I saat ini secara umum patut mendapatkan apresiasi yang positif dengan kondisi perairan wilayah Koarmada I yang semakin kondusif. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari integritas, komitmen dan kemampuan Komandan Satkor dalam membina kekuatan dan kemampuan tempur unsur-unsurnya serta koordinasi dengan satker lain di Jajaran Koarmada I maupun komando samping. Dengan bertambahnya tiga KRI Kelas MRLF ke Jajaran Satkor Koarmada I diharapkan akan menambah kemampuan Koarmada I dalam menjaga dan menegakkan kedaulatan hukum di laut serta memelihara stabilitas keamanan nasional, regional dan internasional,” ujar Pangkoarmada I.  

 

Pada kesempatan tersebut, Pangkoarmada I menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kolonel Laut (P) Isswarto atas pengabdiannya selama menjabat sebagai Dansatkor Koarmada I, semoga lebih sukses dan berprestasi pada penugasan ditempat yang baru. Ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus juga disampaikan kepada Ny. Arnawati Isswarto yang telah mendampingi suami dalam melaksanakan tugas serta ikut berperan aktif dalam membina Jalasenastri Cabang 7 Armada I.

 

Ucapan selamat datang disampaikan kepada Kolonel Laut (P) Mochammad Riza, S.E., atas kepercayaan yang diberikan pemimpin TNI AL sebagai Komandan Satkor Koarmada I. Diharapkan dengan berbekal pengalaman penugasan sebelumnya mampu mengemban tugas ini dengan baik. Dan kepada Ny. Yolanda Mochammad Riza diharapkan mampu membina Jalasenastri Cabang 7 Daerah Jalasenastri Armada I serta mendukung dalam pelaksanaan tugas suami.

Popular