SOROTKEADILAN | Minggu, 14 Oktober 2018

Maria Margaretha T.SE. (Merry) Caleg DPRD Nasdem Dapil 3 No. 3 Praktisi Bisnis Yang Terjun politik


Sorot Keadilan.COM - Jakarta, Seiring terseoknya laju perjalanan usahanya, wanita dan sekaligus ibu dari 2[dua] orang putranya ini tak pernah kehilangan semangat dalam meniti kariernya. 

Jatuh bangunnya dalam mengelola usahanya , sangat tergantung kepada pengalaman dan ada peraturan perundanganan ataupun perijinan yang menjadi kendala atau penghambat .

Pengalaman dan perijinan itu sangat diperlukan dalam pengalamannya mengelola usaha keluarganya di perikanan maupun usaha pribadinya di penambangan nikel . 

Semua usaha yang digelutinya selalu berbenturan dengan perijinan dan perundangan yang berjalan dan berlaku. 

Maria Margaretha yang akrab di panggil  “Merry” berkecimpung dalam berbagai jenis usaha . untuk itu tak mengherankan kalau beliau memiliki segudang pengalaman di bidang perekonomian.

Merry yang  memiliki postur Ideal dan energik, berpenampilan   Low Profile dan familiar terhadap siapapun yang dia temui, mimik wajahnya melukiskan sebuah keiklasan dan tanggung jawab dan sekaligus sebagai pengayom setiap insan. 

Wanita kelahiran Pontianak 5 februari 1967  ini, menghabiskan masa kecilnya di kota batik Pekalongan hingga menamatkan masa SMA nya di SMA 1 Pekalongan. 

Tidak heran ia  sangat fasih berbahasa mandarin dan dialeg  hakka dan bahasa jawa. 

Tak berhenti di situ saja.., seberkas asa yg melekat di jiwanya tak hentinya mengobsesi dirinya untuk meng apresiasinya. Kiat untuk mecapai kesuksesan tak hanya modal Ijazah SMA saja.., menurut Merry pendidikan sangatlah penting, lantas apa yang di putuskan olehnya, dia lebih memilih untuk menuntut ilmu yang sesuai dengan talenta yang ia miliki, yaitu wawasan akademis di bidang yang di gelutinya.  Dan iapun memutuskan untuk hijrah lagi ke Ibu Kota demi untuk sebuah strata kehidupan yang lebih baik.

Dari sebuah kehidupan yang ramah di Pekalongan kini Merry menapakkan kakinya di sebuah wilayah pesisir yang penuh kepengapan dan kesemrawutan yaitu Jakarta Utara yang identik dengan gerbang Ekonomi Indonesia. Di situlah dia sadar bahwa untuk menjadi bagian dari dunia usaha tersebut dia harus melengkapi pendidikan yang setara untuk melawan sebuah tantangan. 

Dari sebuah Obsesi, kini mulai terapresiasi, diapun memutuskan untuk selangkah maju menuntut ilmu di sebuah Perguruan Tinggi swasta di Jakarta hingga mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi [SE] pada tahun 1990.   

Jiwa sosial menginspirasi dirinya untuk Berkontribusi .

Sosok wanita yang memiliki hobby bermain piano  ini gaya hidupnya sangat sederhana dan terkesan merakyat.  Orangnya yang ramah dan bersahabat.  Di tengah kesibukannya Merry meluangkan waktu untuk bertandang di tengah masyarakat dengan berjalan kaki sekalian untuk sekedar mengenal kondisi geografis  Teluk Gong, Muara Baru dan pola kehidupan masyarakat lebih dekat, ungkapnya. 

Ia juga mengaku belum banyak yang diperbuatnya untuk warga yang berada disekitarnya .

Oleh karenanya   melihat kondisi tersebut tak pelak dia merasa terpanggil untuk memperjuangkan status kehidupan masyarakat Jakarta Utara khususnya agar lebih baik, yang selama berpuluhan tahun tidak banyak mengalami kemajuan .

Jakarta Utara merupakan daerah yang  dominan di bidang perikanan dan industry. 2 bidang ini bisa menjadi motor ekonomi yang menjanjikan bila diatur dan diberi ruang berkembang dengan perundang-undangan yang efisien dan efektif dan berpihak pada warga dan juga pengusahanya.  

Kiat apa yang harus dilakukan untuk terlibat mewujudkan hal tersebut, pada akhirnya Merry menitik beratkan keinginannya untuk terjun kedalam dunia Politik. 

Banyak orang yang skeptis dan takut  bicara tentang politik , terutama perempuan dan Ibu Rumah Tangga. Padahal dalam sehari-hari pun kita berpolitik.  Menurutnya politik adalah seni . Seni mempengaruhi orang lain .Jika menjadi pengusaha tak banyak yg bisa  dilakukan untuk berkontribusi pada warga . Karena untuk mengadakan perubahan , kita harus berada dalam sebuah system . Dan system itu ada di pusat pengambil kebijakan.  

Dengan berada dalam system , kita bisa memantau dan mengawasi  kecepatan dan ketepatan kinerja Pemda Jakarta Utara agar anggaran benar-benar dirasakan oleh warga dan tepat berguna pada warga. Ia juga mendorong untuk mewujudkan  program-program untuk membangun UMKM.

Dengan visinya untuk mewujudkan Pemerintahan Jakarta Utara yang efektif, efisien dan sinergi dengan program PemDa Jakarta Utara dan mewujudkan warga Jakarta Utara khususnya yang merdeka sebagai warga , berdaulat secara ekonomi dan bermartabat dalam budaya , yang sesuai dengan visi dan misi partainya.

Sasarannya adalah generasi milenial dan wanita . Generasi milenial  harus cerdas dan kuat mental . 

Generasi milenial, yang merupakan penerus bangsa ini ,  harus didukung dengan perundang-undangan yang dinamis dan efektif , sehingga terwujud kemandirian finansial bagi kaum milenial .

Itu bisa dicapai jika memiliki pendidikan yang baik , karenanya ia juga memperhatikan pendidikan yang baik untuk kedua putra dan putrinya . 

Putri sulungnya lulusan fakultas Kedokteran di UPH Karawachi Tangerang , yang saat ini sedang menjalankan intership di sebuah Rumah Sakit  di Cileduk Tangerang . Sedangkan putra bungsunya, sedang duduk di bangku kuliah fakultas hukum di UPH Karawachi Tangerang . 

Pendidikan yang baik harus dibarengi dengan karkater yang baik pula . semuanya menjadi bekal bagi mereka untuk terjun dan hidup dalam masyarakat kelak .

Ibu dari dua orang anak ini mengaku memilih Partai NasDem sebagai wahana untuk duduk di di kursi Legislatif.  

Partai NasDem adalah partai tanpa mahar dengan konsistensinya memperjuangkan perubahan melalui restorasi Indonesia. Melalui beberapa tahapan seleksi yang  ketat, pada akhirnya nama MARIA MARGARETHA T.SE tercatat pada KPU sebagai Calon Tetap Legislatif {CALEG} DPRD DKI Utara 3 , dengan No.Urut 3,  Tanjung Priok – Pademangan – Penjaringan. Untuk memenuhi kuota 30% perempuan. 

Ia berharap , perempuan tidak lagi hanya sebagai pelengkap kuota saja , tapi harus menjadi keterwakilan di gedung rakyat Jakarta .

Perempuan harus cerdas , kuat dan tidak melupakan kodratnya sebagai wanita dan Ibu . 

Di akhir wawancara dengan Sorot Keadilan, Merry memohon Restu dan sekaligus dukungan para sahabat dan saudara semua pada kompetisi Pileg 2019 nanti , dan jika terpilih , ia berharap , seluruh programnya  ter-implementasi dan  bermanfaat  dalam kehidupan masyarakat Jakarta Utara khususnya.

(Pur/Diana).

 

Popular