SOROTKEADILAN | Selasa, 31 Desember 2019

KETUA MK MENGGELAR SEMINAR KEWENANGAN MAHKAMAH KONSTITUSI DI KABUPATEN DOMPU

Ketua MK RI dengan Bupati Dompu bersama jajaran Muspida saat seminar di Pandopo Bupati Dompu.

Sorot Keadilaan.Com,- Dompu, Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia DR. ANWAR USMAN SH. MH pulang kampung sekalian bekerja melaksanakan Seminar bertajuk kewenangan Mahkamah Konstitusi berdasarkan Undang Undang Dasar tahun 1945 di Kabupaten Dompu.

Kehadiran orang pertama di Mahkamah Kunstitusi Republik Indonesia ke Dearah kelahirannya bukan tampa tujuan yang jelas. Karena pada hari ini senin tanggal,(30/12/19) Ketua Mahkamah Konsitusi Republik Indonesia bertandang di Kabupaten Dompu dalam rangka melaksanakan kegiatan Seminar bertajuk Kewenangan Mahkamah Konstitusi republik Indonesia berdasarkan UUD 1945.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin, Ketua Pengadilan Negeri Dompu, Ketua Pengadilan Agama Dompu, Dandim 1614 Dompu Letkol. Inf. Ali Cahyono Skm,Kejari Dompu, Wakapolres Dompu Kompol.Nurdin Sennang,Sekda Dompu H Agus Buhari SH.MM, segenap unsur Kepala Dinas Instansi dilingkup Pemda Dompu, camat dan Kepala Desa/ Lurah se Kabupaten Dompu.

Yang bertempat di graha aula Pandopo Bupati Dompu,sekitar pukul 9.30 witeng.

Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia DR. ANWAR USMAN SH. MH sebelumnya bercerita tentang perjalanan kariernya sampai menjadi Ketua MK saat ini.

Lanjut Ketua MK dalam paparannya menyampaikan empat hal pokok kewenangan Mahkamah Kunstitusi republik Indonesia berdasarkan UUD 1945 selain kewajiban yang melekat di beberkan secara gamblang. Kemudian lebih jauh iya menyampaikan,ketika awak media sk meliput langsung kegiatan tersebut yang antara lain, Bangsa dan Negara kita akan hancur apabila hukum tidak ditegakan dengan seadil adilnya dan hukum tidak boleh tajam kebawah dan tumpul keatas. Kemudian ucap orang nomor situ di MK, kami tidak takut kepada siapapun dan tunduk sama siapapun tapi kami tunduk sama amanat Konstitusi serta takut kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa sesuai pasal 24 ayat 1 selaras dengan surat annisa dan almaidah ayat satu demi keadilan atas nama Tuhan Yang Maha Esa.

Lanjut Ketua MK, setiap keputusan akan kami pertanggung jawabkan kepada Tuhan yang Maha Esa kelak dan setiap jabatan apapun baik Presiden, Gubernur, Bupati, Dpr dan lainnya sudah ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Selain kewenangannya Mahkamah Konstitusi mempunyai kewajiban untuk memutuskan pendapat DPR tentang pelanggaran Hukum yang dilakukan oleh Presiden dengan syarat DPR mengambil keputusan 2/3 anggotanya dan 3/4 dari anggota MPR dan hal ini tidak mudah ucapnya. Diakhir paparanya Ketua MK berharap di tahun 2020 nanti harus lebih baik dari tahun sebelumnya karena kita sangat rugi apabila tidak bisa melaksanakan kebaikan, kalau ada yang benar yang saya sampaikan datangnya dari Allah dan apabila ada yang keliru atau salah datangnya dari saya. Dan mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan selama ini khususnya masyarakat yang ada di daerah Kabupaten Dompu.

Ditempat yang sama anggota komisi II DPRD Dompu ( Yatim) ketika diminta tanggapan oleh awak media Sk terkait Kegiatan seminar tersebut mengatakan dengan nada yang keras, saya kecewa sekali dengan kegiatan ini karena acaranya tidak diberikan sesi tanya jawab atau dialog dengan Ketua Mk,dengan alasan banyak hal yang ingin kita sampaikan terkait peraturan tugas dan fungsi legislatif di Daerah ini yang belum kami kuasai. Terangnya.

Ketua MK DR. ANWAR USMAN SH. MH usai menyampaikan Paparanya dikejutkan dengan ucapan selamat ulang tahun oleh Bupati Dompu dengan seluruh jajarannya sehingga Ketua Mk merasa terkejut disertai bahagia.

Kegiatan seminar berakhir pukul 12.00 Wita berjalan dengan aman dan sukses. (Rd. Do)

Popular