SOROTKEADILAN | Selasa, 10 September 2019

Cukup Poto Copy KTP Bisa Membawa Pulang Berbagai Bibit Pohon dan Buah.


Depok-Sorotkeadilan.com, Kantor Unit Pusat Kearsiapan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan membagikan Bibit pohon secara masal, kepada masyarakat yang membutuhkan dan kepada saja yang ingin melakukan penghijauan.

Widodo sebagai Manager Persemaian mengatakan, Hampir ada tiga puluh sembilan jenis pohon yang di kembangkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan kehutanan. Dan hampir tujuh puluh persen pohon kayu-kayuan yang di kembangkan.

"Tanaman yang di dominasikan adalah tanaman kayu-kayuan, hanya dari pemerintah mengambil kebijakan tujuh puluh persen kayu-kayuan tiga puluh buah-buahan. Karena itu untuk merangsang mereka mau menanam, intinya, dikala pohon di tebang ada buah-buahan yang ditunggu," kata Widodo saat di temui media sorotkeadilan.com di halaman Kantor Kearsipan Kementrian Lingkungan Hidup, Tapos, Depok, Selasa (10/09/19).

Widodo juga menjelaskan, bahwasannya semua tanaman yang dikembangkan disini semua digratiskan kepada seluruh masyarakat, yang diperuntukan untuk menanam di rumahan maupun yang ingin menanam secara luas.

"Kita gratiskan semua .! Hanya oleh pemerintah kita harus punya tanggung jawab secara administrasi. Ini larinya kemana ada titik kordinat, kalau perorangan musti ini pemukiman, kalau untuk memang banyak musti di lahan, lahannya dimana? Ada titik kordinat, terangnya.

Diungkapkannya, untuk cara pengambilan adalah registrasi dengan menyerahkan foto copy KTP, dan hanya untuk di peruntukan warga se Jabotabek. Dan setiap tahun kami memberikan pelayanan kepada masyarakat. "Dari bulan April sampai dengan Desember, dan harinya dari Senin sampai hari Sabtu," jelasnya

Widodo juga membeberkan, kalau karyawan yang bekerja disini hanya ada dua belas karyawan. Tetapi bisa menanam satu juta pohon. Karna itu semua di bantu oleh masyarakat sekitar Hampir lima puluh sampai seratus orang masyarakat yang di pekerjakan oleh kami pada masa proses menanam.

"Kalau kita sedang mengisi polybag, membersihkan rumput. Kita manfaatkan masyarakat sekitar untuk bekerja. Karna dengan dengan dua belas karyawan kita tidak mungkin bisa mengerjakan semua," pungkasnya.

Berbondong-bondong masyarakat mendatangi Kantor Kearsipan Lingkungan Hidup dan Kehutanan, untuk mendapatkan bibit pohon dan buah gratis. Salah satunya dari komunitas Organik perumahan Studio Alam Indah.


Anis Hidayah sebagai ketua kelompok organik mengungkapakan, bahwa program pemerintah ini sangat bagus, terutama untuk membangun antusiasme menanam masyarakat Cuman dirinya menyayangkan karena tanaman yang ditemuinya kurang variatif dan dirinya pun menyarankan agar diadakan tanaman sayur-sayuran.

"Ketersediaan tanamannya kurang variatif, misalnya hari ini kita temukan buahnya hanya tiga Buah, Nangka, Sirsak. Saran kita kalau bisa bibit-bibit sayur karena itu yang dibutuhkan sehari-hari, jadi tahun depan untuk sayuran bisa diperbanyak. Karena sayuran bisa dikembangkan," tandas Anis Hidayah.

(Arman)

Popular