SOROTKEADILAN | Selasa, 19 Juni 2018

Indonesia Menjadi Tuan Rumah Asian Sailing Championship 2018.


Indonesia Menjadi Tuan Rumah Asian Sailing Championship 2018.

sorotkeadilan.com - Jakarta.19/06.

Suatu kebanggaan bagi Indonesia pada tahun 2018 ini menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan ASIAN SAILING CHAMPIONSHIP ke 17 tahun 2018 yang diselenggarakan di Indonesia National Sailing Centre (INSC), Jl.Taman Marina, Ancol Barat, Jakarta Utara pada tanggal 18-25 Juni 2018.

Ketua Umum Persatuan Olah Raga Layar Seluruh Indonesia ( PORLASI ), Laksamada Muda (Laksda) TNI Darwanto,SH.M.A.P.,mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung kegiatan Asian Sailing Championship ke 17 tahun 2018.

"Asian Sailing Championship tahun 2018 bertujuan memperkenalkan Indonesia sebagai salah satu destinasi di dunia yang layak dipergunakan sebagai tempat penyelenggaraan lomba (perahu) layar internasional serta masuk dalam kalender kejuaraan lomba (perahu) layar Asia dan Dunia, untuk itu kami meminta dukunfan seluruh elemen masyarakat demi kesuksesan kegiatan ini", tutur laksda Darwanto.

Darwanto menambahkan Asia Sailing Championship 2018 bukan hanya memperebutkan gelar juara (perahu) layar internasional tingkat Asia akan tetapi juga sebagai ajang seleksi dan uni coba sistem dan venue pertandingan ASIAN GAMES yang akan segera diselenggarakan di Jakarta dan Pelembang pada bulan Agustus 2018. Venue INSC yang terletak di Ancol Barat, Jakarta Utara tersebut dapat menampung ratusan perahu layar dan berada di atas lahan seluas 1,4 Ha dan menjadi terbesar dan pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan pendukungnya.

Wakil Gubernur Sandiaga Salahudin Uno yang membuka acara Opening Ceremony Asian Sailing Championship 2018 ini dalam sambutannya bersyukur turut membuka acara ini dan menyambut semua peserta lomba yang berasal dari 16 negara di Asia.

Menyinggung fasilitas Venue baru yang berkelas dunia ini dan menjadi tempat berlangsungnya Asian Sailing Championship ke 17 tahun 2018, Sandi.menuturkan:
"Kita ingin terus mendayagunakan aset-aset Pemprov".

Lebih lanjut di depan para awak media, Sandi mengemukakan harapannya agar dengan hadirnya Indonesia National Sailing Centre ini bisa menghadirkan prestasi-prestasi bagi atlit Indonesia dan mempersiapkan secara prima kesiapan kita menghadapi Asian Games dua bulan kedepan.

Asian Sailing Championship ini diikuti oleh 16 negara Asia yang tergabung dalam Asian Sailing Federation yaitu Brunei,Cina ,Hongkong, India, Indonesia, Iran,Jepang,Kazakstan, Korea, Malaysia, Oman, Pakistan, Singapura, Thailand,Taiwan dan Uni Emirat Arab yang diikuti lebih 240 atlit dengan 170 perahu serta mempertandingkan 12 kelas. Dalam satu hari terdapat 4 race yang akan dilakukan selama lima hari pertandingan dari tanggal 18 - 25 Juni 2018. Untuk menunjang Asian Sailing Championship 2018 dan Asian Games 2018, PORLASI mendapat dukungan dari World Sailing dengan mengirimkan John Parish dan asistennya Linda Parish dari New Zealand untuk memberikan Race Management Clinic bagi wasit atau National Technical Officer (NTO) selama empat hari tanggal 16-19 Juni 2018.

Darwanto mengatakan bahwa pada tanggal 30 Juni ini tiap negara peserta Asian Sailing Championship sudah memberikan nama-nama (Entry By Name), yang akan diikutkan dalam ajang Asian Games 2018.(sdt).

Popular